detikOto

Kemacetan Bikin Orang Sakit Mental

Syubhan Akib - detikOto
Jumat, 05/04/2013 07:55 WIB

Ilustrasi (detikFoto)
California -Kemacetan adalah makanan sehari-hari warga kota besar yang menyebalkan. Dan ternyata, efek buruk macet tidak hanya membuat bad mood atau kelelahan, tapi juga bisa membuat gangguan mental yang parah.

Dalam sebuah penelitian, kemacetan yang terlalu panjang dapat bukan hanya dapat memicu suasana hati yang tidak enak, tapi juga gangguan mental di masa depan.

Karena itulah, belajar belajar untuk menjaga kesabaran pun dalam menghadapi stres sehari-hari di kehidupan modern ini pun dianggap sama pentingnya dengan diet sehat.

Susan Charles, seorang profesor psikologi dan perilaku sosial yang memimpin penelitian ini mengatakan kalau dari data dua survei nasional, para peneliti menemukan respons negatif terhadap stres sehari-hari seperti konflik dengan pasangan, konflik di tempat kerja, berdiri di antrian panjang atau menghadapi kemacetan lalu lintas.

Hal-hal tadi dikatakan menyebabkan tekanan psikologis atau kecemasan dan gangguan mood sepuluh tahun kemudian.

"Sangat penting untuk tidak membiarkan masalah sehari-hari merusak momen Anda," kata Profesor Charles dari Universitas California dalam laporannya yang dipublikasikan dalam jurnal Psychological Science.

"Sayangnya, orang tidak melihat masalah kesehatan mental seperti itu sampai mereka menjadi begitu parah sehingga mereka memerlukan perhatian profesional," lugasnya seperti dikutip IOL, Jumat (5/4/2013).

(syu/ddn)
Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!

Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        




Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Must Read close