detikOto


Mobil Seharga Rp 37 Miliar Cuma Dicetak Setengah Lusin

Muhammad Ikhsan - detikOto
Selasa, 19/03/2013 14:24 WIB

Geneva -Pininfarina, rumah desain andalan Ferrari rencananya akan memberikan 'kehidupan' pada mobil spesial Pininfarina Sergio. Namun tak banyak, Pininfarina berencana hanya diproduksi 5-6 unit dan harga 3 juta Euro (sekitar Rp 37 miliar) untuk penggila kecepatan di Eropa.

"Kami sedang mempertimbangkan (produksi) dengan sangat terbatas, 5 sampai 6 unit," kata CEO Pininfarina Silvio Angori dilansir Automotive News, Selasa (19/3/2013).

Menurut Pininfarina terbatasnya jumlah unit lantaran mobil tersebut terbentur dengan peraturan pemerintah yang menyebutkan mobil tersebut tidak aman tanpa pilar-pilar dan atap. Pengendaranya pun harus menggunakan helm ketika mengendarai mobil unik tersebut.

"Aturan homologasi di Eropa membutuhkan orang mengemudi mobil tanpa kaca seperti Sergio harus memakai helm," kata Kepala Desainer Pininfarina, Fabio Filippini.

Diberitakan sebelumnya, mobil tersebut termotivasi oleh semangat mobil terbaik Ferrari selama dibuat Pininfarina di bawah kepemimpinan Sergio di era 60 sampai 70-an, seperti Dino Berlinetta Speciale 1965, Ferrari 250 LM, P5, Modulo, dan Mythos.

Mobil konsep tersebut menggambarkan betapa gigihnya Sergio dalam menghasil desain mobil yang terbaik, penuh estetika dan menyampaikan kesan keunggulan.

Namun Filippini pihaknya bisa saja memproduksi Pininfarina Sergio dengan pilar depan plus atap, jika konsumen menginginkan desain Pininfarina Sergio demikian demi menunjang keselamatan pengendara dan penumpang.

"Kami tahu bagaimana dan di mana memodifikasi mobil konsep Sergio untuk membuatnya menjadi mobil balal legal," ucapnya.

Mesin mobil ini berdasarkan Ferrari 458 4.500 cc V8570 Hp yang bisa berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam hitungan 3,4 detik dan kecepatan maksimal 199 mil per jam.

(ikh/ikh)
Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!

Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com