detikOto

Cairan Khusus Ban Tubeless, Mengurangi Ban Kempes

Aditya Maulana - detikOto
Kamis, 14/03/2013 08:55 WIB

Jakarta -Bagi sejumlah Otolovers mungkin sudah tidak asing lagi dengan cairan khusus ban tubeless yang dapat meminimalisir ban kempes di tengah jalan. Tapi mungkin ada beberapa dari Anda yang belum mengetahuinya.

Saat ini pemilik kendaraan khususnya sepeda motor yang menggunakan jenis ban tubles sudah dimudahkan dengan adanya cairan khusus ban tubeless.

Jika menggunakan cairan ini dan ban Anda terkena paku bisa langsung dicabut dan tidak perlu repot-repot pergi ke tambal ban untuk menambalnya.

"Cairan ini otomatis nambal sendiri kalau pakunya sudah kita cabut," kata Anton dari toko aksesoris Panca Jaya di Jalan Otista Raya No. 37, Jakarta Timur.

Untuk mereknya juga sudah banyak dan harganya juga relatif murah yakni hanya Rp 25 ribu 1 botol dan bisa digunakan untuk 1 ban motor.

"1 botol ini bisa dipakai untuk 1 ban motor saja, kalau dipakai di mobil juga bisa tapi harus 2 botol," timpalnya.

Tapi rumornya jika menggunakan cairan seperti ini dapat membuat karat pada pelek dan tutup pentil yang terbuat dari bahan besi biasa bukan terbuat dari bahan stainless steel.

"Selama ini sih belum ada yang mengeluhkan hal itu, tapi memang pasti ada dampaknya tersendiri," tandasnya.

(ady/ddn)
Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!

Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        




Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com