detikOto


Mobil Tersendat-sendat? Cek Busi, Fuel Filter & Air Filter

Aditya Maulana - detikOto
Rabu, 20/02/2013 17:22 WIB

Jakarta -Pemilik mobil keluaran tahun lama biasanya sering mengeluhkan terjadinya gejala tersendat-sendat atau endut-endutan pada saat mobilnya berjalan di RPM rendah dan masuk ke gigi 2.

Tapi hal itu juga bisa terjadi pada mobil baru yang kurang diperhatikan atau jarang dirawat.

Nah bagi Otolovers semua yang pernah mengalami hal tersebut tidak perlu khawatir dan panik. Anda hanya harus memeriksa beberapa part saja.

Seperti diungkapkan oleh Gatot Hira Wilasa pemilik bengkel Hescher's Automotive Service yang berada di komplek wisma anggaran Jalan A.NO 4 RT 001/001 Pondok Gede, Bekasi yang mengatakan penyebabnya tidak terlalu rumit.

Menurut mantan Training Instructor di Indonesia Driving Center (IDDC) yang kini membuka usaha bengkel sendiri itu, penyebab mobil jalannya tersendat-sendat atau endut-endutan pada RPM rendah itu bisa terjadi dari setingan mesin yang kurang pas.

"Minimal harus melakukan pengecekan pada mesin atau servis ringan," ungkap pria yang akrab disapa GT ini saat berbincang dengan detikOto.

Lebih lanjut, hal yang perlu diperhatikan yakni mengecek beberapa part yang dianggap dapat mempengaruhi kinerja mesin seperti mengecek busi, fuel filter dan air filter.

"Ketiga part itu yang bisa mempengaruhi mobil jadi terasa tersendat-sendat di rpm rendah," timpalnya.

Sementara itu, kalau semuanya sudah di cek biasanya pada kendaraan atau bengkel selalu mempergunakan alat scanner untuk mendeteksi seluruh sensor yang ada dalam system engine. Scanner akan memastikan utk "no trouble code" jika tidak ada masalah atau masalahnya sudah terselesaikan.

"Kalau semua itu sudah dijalankan sepertinya akan mobil akan aman dan tidak lagi ada endut-endutan diputaran bawah atau atas," tutupnya. (ady/ddn)
Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!

Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Must Read close