detikOto

Polri Revisi Aturan Perpanjang SIM

Muhammad Ikhsan - detikOto
Rabu, 20/02/2013 11:22 WIB

Jakarta -Peraturan Kapolri Nomor 9 Tahun 2012 tentang Registrasi dan Identifikasi Pengemudi membuat heboh karena ada salah satu pasal di peraturan tersebut yang menyulitkan pengendara dalam memperpanjang SIM.

Dalam pasal 28 peraturan itu disebutkan pengendara yang memiliki SIM yang habis masa berlakunya maka sejak saat itu pengendara harus mengajukan SIM baru mengikuti uji ulang seperti pemohon SIM baru lainnya.

Beruntung, Polri merespons hal ini dan akan menunda penetapan keputusan yang sedianya mulai 1 Maret 2013 ini.

"Intinya ditunda, sampai kapan kita masih evaluasi dan baru disosialisasikan," kata Kepala Bagian Penerangan Umum Polri, Komisaris Besar Agus Rianto ketika dihubung detikOto, Rabu (20/2/2013).

Menurutnya selama ini Polri masih mengacu pada kebijakan yang diatur dalam Pasal 28 ayat 1-3 Peraturan Kapolri Nomor 9 Tahun 2012 tentang Registrasi dan Identifikasi Pengemudi. Dia menjelaskan aturan tersebut yang akan diubah menyangkut kepentingan masyarakat.

"Aturan yang tercantum pada pasal 28 ayat 1-3 Peraturan Kapolri Nomor 9 Tahun 2012 itu ditunda. Tolong dicatat ini ditunda," ucapnya.

Agus meminta masyarakat tak perlu khawatir karena memang masih dilakukan kajian. Dia juga meminta agar masyarakat memperpanjang SIM-nya sebelum habis.

"SIM ini kan untuk kepentingan identitas, jadi lebih baik diperpanjang sebelum habis," katanya.

(ddn/ddn)
Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!

Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        




Twitter Recommendation
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Must Read close