detikOto

Kenali Penyebab Keluarnya Asap Putih dan Hitam

Aditya Maulana - detikOto
Senin, 18/02/2013 16:34 WIB

Jakarta -Otolovers semua pasti pernah ada yang mengalami saat menyalakan mesin mobil di pagi hari lalu pada knalpot mobil Anda mengeluarkan asap tebal berwarna putih atau hitam.

Kira-kira apa ya penyebab keluarnya asap tebal berwarna putih atau hitam tersebut? Yuk Otolovers kita kenali penyebabnya.

Gatot Hira Wilasa, pemilik bengkel Hescher's Automotive Service yang berada di komplek wisma anggaran Jalan A.NO 4 RT 001/001 Pondok Gede Bekasi menuturkan keluarnya asap tebal berwarna putih atau hitam itu relatif standar.

Hal ini terjadi karena dinginnya udara pagi hari akan membuat ruang bakar pembuangan menjadi dingin.

"Kalau terjadi seperti itu di pagi hari wajar, karena ini namanya proses kondensasi pembakaran mesin nantinya juga akan hilang sendiri dalam waktu beberapa menit," yakin pria yang akrab disapa GT ini saat berbincang dengan detikOto, Senin (18/2/2013).

Akan tetapi jika asapnya tidak hilang sampai dengan siang hari, lanjut pria ramah ini bisa diakibatkan oleh beberapa faktor.

Untuk asap putih bisa disebabkan oleh piston ring, mekanikal jeroan mesin yang harus di rechec ulang dan juga bisa karena faktor kehausan.

Sedangkan untuk asal tebal berwarna hitam pekat bisa disebabkan oleh pembakaran yang tidak sempurna atau kategori boros dan harus di cek pada bagian mesin atau minimal harus melakukan tune up.

"Itu berlaku untuk mobil berbahan bakar bensin, lain halnya kalau mesin diesel. Standar diesel proses akhir pembakaran asap memang hitam,karena dia bahan bakarnya solar," tandas Gatot.

(ady/ddn)

Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        




Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Must Read close