detikOto


Mobil Diesel Termurah Sejagat Lahir Akhir Tahun

Syubhan Akib - detikOto
Jumat, 01/02/2013 16:19 WIB

Mumbai -Setelah berhasil memasarkan mobil bensin termurah sejagat, Tata Nano, Tata Motors siap melebarkan sayap mereka dengan membuat mobil diesel termurah di dunia. Dengan varian baru ini, Tata berharap penjualan mereka bisa meningkat.

Peningkatan penjualan memang dibutuhkan oleh Tata Motors, sebab pada Desember lalu saja penjualan mereka turun 28 persen dibandingkan periode sebelumnya.

Bila dihitung dari 9 bulan pertama tahun fiskal ini dari April-Desember lalu Tata hanya sanggup meningkatkan penjualan mereka sebesar 0,46 persen. Padahal penjualan mobil penumpang di India menigkat 8,3 persen menjadi 1,9 juta unit di periode yang sama.

Pangsa pasar Tata juga menurun dari 14,16 persen di Maret menjadi 12,66 persen di Desember.

Dengan kenyataan seperti itu, Tata menurut Presiden Tata Motors untuk unit mobil penumpang, Ranjit Yadav, siap melahirkan model-model terbaru untuk meningkatkan penjualan mereka termasuk melahirkan Tata Nano bermesin diesel yang akan menjadi mobil diesel termurah di dunia.

"Kita sedang bergerak pada kecepatan yang lebih cepat, berusaha untuk memperkuat kualitas dan fungsi pembelian. Kami ingin membuat keputusan yang tepat dan datang dengan kinerja yang lebih baik," katanya seperti detikOto kutip dari Live Mint.

Sebelumnya di awal bulan ini, direktur Tata Motors Karl Slym sudah membocorkan kalau versi diesel dari Tata Nano dijadwalkan untuk diluncurkan pada akhir tahun 2013 ini.

Analis memperkirakan kalau peluncuran varian diesel Nano dapat memacu volume penjualan Nano hingga tumbuh 25 persen.

"Dari apa terjadi saat ini di kisaran 7.000-8.000 per bulan, mungkin akan naik ke 10.000-11.000 unit," kata Yaresh Kothari, seorang analis di Angel Broking.

Tata Nano versi diesel sendiri diperkirakan akan menggunakan mesin diesel terkecil di dunia yakni mesin 800 cc dengan twin-cylinder dan turbocharged.

Menurut orang yang terlibat langsung dengan pengembangan mobil, varian diesel ini sudah dalam tahap terakhir dari uji coba.

"Kami tidak ingin mengambil risiko apapun dengan peluncuran yang terburu-buru. Ada isu-isu tertentu yang berkaitan dengan kebisingan dan getaran, yang akan dibahas pada waktunya," katanya.

Diperkirakan ketika diluncurkan nanti harga Tata Nano versi diesel ini akan berada di kisaran angka Rs 2,25 lakh atau sekitar Rp 40,9 jutaan.

(syu/ddn)
Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!

Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Must Read close