detikOto


Jika Diproduksi Massal Mobil Listrik ITS Dijual Rp 200 Jutaan

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Minggu, 27/01/2013 09:07 WIB

Surabaya -Dari segi biaya, pembuatan mobil listrik ITS yang dinamai Electric City (EC) ITS menghabiskan modal Rp 500 juta. ITS memperkirakan jika dapat diproduksi massal mobil, harga mobil dapat dipasarkan dengan harga Rp 200 juta.

Hal tersebut disampaikan Kepala Laboratorium Sistem dan Otomasi Industri ITS Nur Yuniarto di situs resmi ITS, Minggu (27/1/2013).

Mobil listrik ini mengambil konsep Sport City Car dengan 4-seater.

Hampir seluruh komponen mobil merupakan karya sendiri. Mulai dari sistem penggerak, platform, desain bodi, desain lampu, hingga sistem kontrol. Sedangkan komponen yang terpaksa membeli adalah baterai dan motor. "Mobil ini memang menonjolkan sisi platform-nya," lanjut Nur.

Nur berharap mobil ini nantinya akan menjadi salah satu bukti bahwa anak muda Indonesia mampu menciptakan alat transportasi masa depan.

Dari 20 orang anggota tim sebagian besar merupakan pemuda dengan usia di bawah 25 tahun. "Dari jumlah tersebut, tiga adalah alumni membantu di laboratorium, satu dosen dan dua orang luar yang bekerja untuk kita," ujar dosen yang juga membuat Tricycle Surya ITS ini.


(ddn/ddn)
Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!

Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Must Read close