detikOto


Rawat Motor Setelah Terendam Banjir

Muhammad Ikhsan - detikOto
Jumat, 18/01/2013 12:08 WIB

Rawat Motor Setelah Terendam Banjir
Jakarta -Musim hujan telah tiba. Pemilik kendaraan motor harus lebih hati-hati menghadapi musim ini. Musim penghujan ini membuat para pemotor malas berjalan, alasannya motor takut mogok dan rusak.

Sebaiknya saat motor terendam banjir jangan takut rusak. Jika cara pembersihannya benar, motor kesayangan akan kembali prima. Komponen yang paling diantisipasi adalah kabel.

Sebab kelistrikan ini sangat sulit dibersihkan, bisa jadi Anda akan mengurut ulang kelistrikan motor. Enggak mau kan dan makan waktu. Karenanya, ikuti tips berikut untuk menjaga motor kesayangan Anda.

"Ada beberapa cara, dan mudah. Tapi yang paling utama adalah kelistrikan motor. Jangan sampai korslet dan pada akhirnya ngurut ulang," kata Andri dari bengkel Ibana Jaya Motor yang terletak di Kemang Selatan ketika dikunjungi detikOto.

1. Matikan motor

Ketika motor teremdam air segera matikan motor. Dan dorong motor dari genangan air. Jangan coba hidupkan karena akan memperparah komponen di ruang bakar. Cara membersihkan komponen listrik tersebut dengan memberikan ruang terbuka. Setelah itu semprot dengan kompresor angin dan keringkan.

2. Buka mesin

Cara ini untuk membersihkan crankcase, kopling, silinder serta kepala silinder. Gunakan cairan bensin untuk membersihkannya. Setelah benar-benar bersih, pasang kembali penutup komponen-komponen tersebut.

3. Ganti oli

Jangan lupa mengganti oli mesin. Sebelum menuangkan oli baru, sebaiknya pastikan mesin benar-benar kering dari air dan kotoran.

4. Rantai

Bersihkan rantai dengan bensin pasca terendam air dan lumasi dengan pelumas khusus rantai. Pasalnya air hujan berpotensi membuat rantai cepat karat.

5. Rem tromol

Rem tromol paling rentan rusak setelah motor terendam air. Buka dan bersihkan bagian-bagian terpenting.

(ikh/ddn)
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com