detikOto

Aturan Mobil Murah Tidak Jelas, Konsumen Mencari Mobil Lain

Syubhan Akib - detikOto
Kamis, 17/01/2013 10:56 WIB

Jakarta -Gara-gara pemerintah yang tidak jelas kapan akan mengeluarkan regulasi Low Cost and Green Car (LCGC), para pemesan mobil murah Daihatsu Ayla ternyata banyak yang berpindah ke lain hati. Penjualan Sirion pun jadi meningkat tajam.

Meningkatnya penjualan Sirion itu menurut Kepala Divisi Penjualan Domestik PT Astra Daihatsu Motor Rio Sanggau memang salah satunya disebabkan karena ketidakjelasan pemerintah mengeluarkan LCGC.

Sebab, LCGC inilah yang memang menjadi patokan Daihatsu untuk menjual Ayla secara resmi. Sebelumnya Menteri Perindustrian MS Hidayat menuturkan kebijakan ini akan diterbitkan akhir tahun 2012, namun mundur lagi bulan Januari ini, namun hingga pertengahan Januari, aturan yang dimaksud belum juga muncul.

"Sebenarnya begini, saat ini Ayla belum jadi target utama kita. Karena kita tidak tahu regulasinya keluar kapan. Saat ini kita dalam posisi menunggu," jelas Rio kepada detikOto.

Rio lalu menuturkan kalau untuk Ayla, Daihatsu belum memerintahkan para staf penjual untuk mencari pembeli. Saat ini, pembelilah yang datang ke dealer resmi Daihatsu untuk secara khusus memesan mobil ini.

Nah, karena para calon pembeli sudah menumpuk sementara pemerintah belum jua mengeluarkan aturan LCGC, banyak calon pemesan Ayla yang ternyata tidak sabar dan mengalihkan pesanan mereka ke Sirion.

"Ayla kan kita tidak bisa pastikan kapan keluarnya. Sementara konsumen ada yang tidak mau menunggu lama. Karena itu kita kasih tahu kalau Daihatsu punya hatchback lagi dan ready stock. Itu yang membuat pesanan Sirion jadi meningkat," jelasnya.

"Sekarang pesanan Sirion bisa 800 unit per bulan. Itu rekor. Karena biasanya hanya sekitar 500 unit saja," lugasnya.

Aturan LCGC memang vital untuk mobil murah seperti Ayla. Sebab LCGC berisi berbagai aturan yang memberikan insentif untuk mobil-mobil murah dengan berbagai syarat yang harus dipenuhi.

Bila aturan ini jadi keluar, maka harga Ayla pun bisa ditekan karena adanya insentif. Diperkirakan, harga jual Ayla termurah tidak akan sampai Rp 100 juta.

(ddn/ddn)
Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!

Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        




Twitter Recommendation
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Must Read close