detikOto
 
 


'Tradisi' Prancis, Bakar-bakaran Mobil di Malam Tahun Baru

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Rabu, 02/01/2013 15:21 WIB

Foto EPA
Paris -Seakan sudah menjadi tradisi, tiap malam penggantian tahun baru, ribuan mobil selalu menjadi korban pembakaran oleh sekelompok pemuda yang tidak dikenal.

Dilansir ABC News, jumlah mobil yang terbakar dalam malam tahun baru kemarin mencapai ribuan. Tidak ada angka korban tewas karena mobil yang dibakar adalah mobil yang diparkir tanpa penumpang di dalamnya.

Menteri Dalam Negeri Prancis menuturkan mobil yang terbakar kemarin mencapai 1.193 unit di seluruh pelosok Prancis.

Aksi bakar-bakaran itu dimulai sejak 1990. Mobil sering kali dibakar di daerah yang memang miskin. Di Paris sendiri tercatat tidak ada insiden mobil yang dibakar menjelang tahun baru.

Kenapa mobil-mobil itu dibakar? Banyak sebab, mulai dari para penjahat yang ingin menghilangkan bukti kejahatan, atau alasan seperti ingin membuat klaim asuransi palsu, atau juga para remaja yang ingin mengungkapkan ekspresinya.

Sebelumnya, publikasi mengenai jumlah mobil yang dibakar ini dihentikan di era Presiden Nicolas Sarkozy. Namun begitu pemerintahan sosialis kembali berkuasa lewat Francois Hollande, jumlah mobil yang dibakar pun kembali diumumkan.

Padahal beberapa pihak mengkhawatirkan, publikasi insiden itu justru akan memperparah aksi bakar-bakaran mobil.


(ddn/ddn)
Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!

Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Must Read close