detikOto


Catatan Otomotif Akhir Tahun

Bahasa Indonesia Kian Mendunia

Syubhan Akib - detikOto
Sabtu, 29/12/2012 12:06 WIB
Halaman 1 dari 3

Jakarta -Tahun 2012 hampir berakhir, namun cerita manis industri mobil Indonesia sudah terasa. Bila di dalam negeri sudah lebih dari 1 juta mobil yang terjual, di tataran internasional, nama dari Indonesia mulai diadopsi oleh produsen internasional.

Di pasar domestik, pasar mobil Indonesia telah mencapai rekor penjualan 1 juta unit di November silam. Ini adalah angka penjualan mobil tertinggi dalam sejarah.

Di tataran global, para produsen mobil mulai melirik bahasa Indonesia untuk dijadikan nama mobil mereka.

Lihat saja kata Macan yang diambil oleh Porsche untuk nama Sport Utility Vehicle (SUV) terbaru mereka. Tadinya berbagai kalangan menyebutkan kalau mobil itu akan dinamai Cajun.

Namun Porsche dalam siaran pers resmi pada Februari lalu menuturkan Macan dipilih karena memiliki unsur kelenturan, kekuatan, daya tarik dan dinamika yang merupakan inti dari mobil terbarunya itu.

"Macan merupakan kombinasi dari semua karakteristik mobil sport dengan keuntungan sebuah SUV dan asli dari Porsche," ujar Executive Vice President Sales and Marketing of Porsche AG Bernhard Maier ketika itu.

Maier menambahkan nama Macan itu cocok bersanding dengan Porsche. "Terdengar enak di semua bahasa dan dialek serta memiliki asosiasi positif," ujarnya.Next

Halaman 1 2 3
(syu/ddn)
Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!

Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Must Read close