detikOto

Pemerintah Ubah Aturan LCGC, Ayla Bisa Batal Meluncur

M Luthfi Andika - detikOto
Kamis, 27/12/2012 14:36 WIB
Halaman 1 dari 2

Astra Daihatsu Ayla (detikFoto)
Berita Lainnya
Jakarta -Pemerintah dan pabrikan sudah menyetujui draf kebijakan mobil murah. Jika kebijakan itu molor sebulan karena ada perubahan materi, bisa saja Daihatsu tidak jadi meluncurkan Ayla, si mobil murah.

Daihatsu menurut Head Domestic Marketing PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Rio Sanggau menuturkan Ayla sudah disiapkan Daihatsu sebagai kendaraan Low Cost and Green Car (LCGC) dengan syarat-syarat mobil LCG yang disampaikan pemerintah sebelumnya.

"Kalau kita sih memyiapkan yang 1.000 cc. Kalau ada yang di luar itu, kita tidak ada produk (varian). Dan bisa jadi kita tidak ikut program LCGC. karena produk itu (Astra Daihatsu Ayla) yang kami persiapkan untuk LCGC," jelasnya saat dihubungi detikOto, Kamis (27/12/2012).

Sehingga Daihatsu berharap pemerintah dengan segera, untuk mengeluarkan regulasi LCGC. Agar semuanya mendapat kepastian. Apalagi sudah banyak masyarakat yang mengantre mobil Ayla karena tertarik dengan banderolan harga yang murah mulai Rp 75 juta.

"Harapan kita sih secepat mungkin keluar, agar lebih jelas. Sehingga produk yang kita siapkan jadi lebih jelas, dan kita mengetahui kapan kita produksi, dan kapan kita pasarkan. Jadi semuanya lebih jelas saja," ucap Rio.

"Dan kita juga telah melakukan perkenalan Agya dan Ayla. Itu dimaksudkan agar memicu pemerintah untuk segera mengeluarkan program tersebut. Semuanya sudah coba kami persiapkan. Seperti pabrik sudah kami siapkan, kami juga melakukan investasi hingga Rp 2,1 triliun dalam membangun pabrik di Karawang. Hal itu juga kami persiapkan untuk itu (program LCGC)," tutup Rio.

Program pengembangan mobil LCGC ini akan berlaku untuk semua industri di dalam negeri dengan syarat mobil tersebut memenuhi kriteria yang telah ditetapkan antara lain untuk jenis kendaraan 600-1.200 cc dengan konsumsi bahan bakar 20-22 km/liter.Next

Halaman 1 2
(ddn/ddn)

Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        




Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com