detikOto


Konsultasi Mesin Motor Bersama
Andriyanto
Bintang Motor

PT. Bintang Niaga Jaya
Jl. Mayor Oking No.102 Ciriung, Cibinong, Bogor
Telp. 021-8765447
Fax. 021-8765446


Trik Bikin Terang Lampu Honda Absolute Revo

Andriyanto-Bintangmotor - detikOto
Rabu, 26/12/2012 09:53 WIB

Trik Bikin Terang Lampu Honda Absolute Revo Honda Absolute Revo
Jakarta -Salam detikOto, saya punya motor Honda Revo Absolute 110, nah motor tersebut kan standar kelistrikannya AC karena terangnya lampu mengikuti putaran mesin.

Nah yang saya ingin tanyakan apakah berisiko apabila saya mengubah kelistrikan standar yang AC ke DC dengan mengganti kiprok dan ubah spull, karena saya agak terganggu pada malam hari apabila sedang melintasi gang yang membuat motor berjalan lambat dan lampunya tidak terang karena putaran mesin rendah, mohon pencerahannya. Terima kasih.

Obed Christopher
Jakarta

Jawaban:

Mas bro Obed Christopher, salam detikOto.

Kalo Anda tujuannya ingin membuat lampu depan lebih terang tanpa mengikuti putaran mesin, tidak perlu mengubah atau memodifikasi spull dan kiprok, karena akan lebih rumit.

Pada dasarnya merubah kelistrikan lampu depan dari AC ke DC cukup mudah, begini caranya:

1. Anda tinggal mengganti sumber arus lampu depan yang sebelumnya dari spull (kabel warna kuning) diubah ke kabel warna hitam (arus DC) dari kunci kontak, dengan cara ini Anda tidak perlu mengubah apapun di spull/kiprok. Namun ada efek sampingnya, yaitu konsumsi arus DC dari aki tentu akan lebih boros jangka panjangnya aki tidak tahan lama.

2. Cara kedua adalah mengganti lampu depan dengan watt yang lebih besar (lampu standar 12V 32/32W di ganti 12V 35/35W atau 12V 35/40W), biasanya di dapat di toko-toko aksesoris motor. Dengan kapasitas lampu yang lebih besar membuat intensitas cahayanya lebih terang dari sebelumnya.

Cara di atas menurut saya adalah cara yang lebih aman untuk Anda.

Demikian, semoga dapat membantu
Salam
Andriyanto-Bintang Motor

(ddn/ddn)
Baca Juga

Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Must Read close