detikOto

Dahlan Iskan: 'Ferrari' Made In Jogja Diberi Nama Tucuxi

Aditya Maulana - detikOto
Kamis, 20/12/2012 10:01 WIB

Jakarta -Mobil listrik yang menyerupai Ferrari pesanan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan sudah siap diuji di Jakarta. Untuk urusan nama, Dahlan memilih nama Tucuxi untuk mobil listrik supernya.

"Nanti namanya Tucuxi. Lucu ya namanya," cetus Dahlan disela acara BUMN Peduli Pendidikan, di kantor BUMN, Jakarta Pusat, Kamis (20/12/2012).

Ketika ditanya apa asal usul nama Tucuxi tersebut? Dahlan mengatakan Tucuxi itu diambil dari salah satu jenis ikan lumba-lumba yang hampir musnah. Kenapa lumba-lumba? Karena bentuk mobil listrik dari bagian depannya berbentuk seperti lumba-lumba.

Dahlan mengatakan mobil listrik yang masih berbentuk prototipe ini menghabiskan dana sebesar Rp 3 miliar. Biaya ini bengkak dari apa yang telah diperkirakan sebelumnya oleh Dahlan.

Ketika ditanya rencananya akan ada berapa unit mobil listrik tersebut? Dahlan mengatakan mobil listrik 'Ferrari' itu untuk sementara diproduksi 1 unit saja.

"1 unit dulu saja. Harga prototipenya saja sudah Rp 3 miliar. Mahal ya? Tapi nanti jika sudah diproduksi massal harganya akan tetap Rp 1,5 miliar," tandasnya.

Nama Tucuxi untuk mobil yang dibuat di bengkel modifikasi Kupu-kupu Malam di Yogyakarta ini sebenarnya tidak mengagetkan. Sebab nama tersebut memang sudah disanding mobil ini ketika masih berupa sketsa.

Penelusuran singkat di Google, Tucuxi adalah nama lumba-lumba yang ditemukan di Amazon dan bagian lain dari Amerika Selatan.

Mobil hasil rancangan jebolan ITS, Danet Suryatama, ini sebelumnya menuai kontroversi di dunia maya karena dianggap mirip dengan Lexus 2054 yang merupakan salah satu mobil konsep yang diminta sutradara Steven Spielberg kepada Lexus untuk dipasang di filmnya Minority Report.

(ady/syu)

Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        




Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Must Read close