detikOto

Coaching Clinic Smart Driving Toyota

Mobil Berpenggerak Roda Belakang Paling Cocok Untuk Keluarga Indonesia

Advertorial - detikOto
Senin, 17/12/2012 17:59 WIB

Bandung -Melalui Coaching Clinic Smart Driving Toyota di Bandung, 15 Desember, pertanyaan yang selama ini terpendam dalam benak masyarakat Indonesia mengenai Avanza Veloz terjawab. Salah satunya adalah, mengapa Avanza Veloz menggunakan penggerak roda belakang?

Suparna, Korwil After Sales Toyota Auto2000 Bandung menjelaskan bahwa penggerak roda belakang paling cocok untuk mobil keluarga atau tipe MPV yang berada di wilayah geografis seperti Indonesia dimana banyak sekali tanjakan dan turunan.

“Jika menggunakan penggerak roda depan, mobil yang berada di tanjakan dan membawa barang banyak rodanya akan mudah slip. Bisa saja menanjak tapi empot-empotan dan harus ekstra hati-hati,” kata Suparna.

Akan berbeda hasilnya jika menggunakan penggerak roda belakang. “Saat menanjak, penggerak roda belakang membantu torsi mobil hingga akselerasi lebih mudah meski sedang membawa muatan banyak,” lanjutnya.

Dia menegaskan, penggerak roda belakang bukanlah sesuatu yang kuno tapi justru memiliki lebih banyak keuntungan. “Mobil sekelas Crown, beberapa Lexus dan Toyota 86 menggunakan penggerak roda belakang. Ini untuk mendapatkan desibel yang lebih kecil sehingga ruang kabin lebih senyap.”

Tapi Suparna mengingatkan, karakter MPV dalam hal ini Avanza Veloz, berbeda dengan sedan. “Sedan di desain dengan tenaga besar untuk membawa muatan terbatas, sedangkan MPV di desain untuk kapasitas muatan lebih besar sehingga tenaganya pun disesuaikan.”

“MPV seperti Avanza Veloz yang menggunakan penggerak roda belakang terasa lebih enak saat berbelok. Understeering-nya pas,” tandas Suparna.

Avanza Veloz sudah membuktikan kenyamanannya dengan ground clearance tinggi dan performa lebih bertenaga dengan penggerak roda belakang melalui test drive keliling kota Bandung pada Sabtu pagi dan siang hari. Peserta merupakan pendaftar beruntung yang terpilih dan dihubungi detikOto.

Usai test drive yang melalui rute Trans Studio Mall – Braga - Gedung Sate – Trans Studio Mall, para peserta mengikuti Coaching Clinic Smart Driving Toyota bersama Bintarto Agung (Indonesia Defensive Driving Center).


(adv/adv)





Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com