detikOto

Konsultasi Mesin Motor Bersama
Andriyanto
Bintang Motor

PT. Bintang Niaga Jaya
Jl. Mayor Oking No.102 Ciriung, Cibinong, Bogor
Telp. 021-8765447
Fax. 021-8765446


Radiator Honda Vario Sering Bermasalah

Andriyanto - detikOto
Sabtu, 15/12/2012 10:24 WIB

Radiator Honda Vario Sering Bermasalah Ilustrasi Honda Vario
Jakarta -Hallo detikOto, saya memiliki motor Honda Vario tahun 2007, radiator saya sering bermasalah, 1 minggu sekali saya harus isi air radiator, terkadang lampu indikator menyala, padahal air pada penampungan masih banyak, setelah dibuka air radiator ternyata tidak turun.

Apa yang harus saya lakukan ya? Karena kejadian ini sering terjadi.

Terima kasih
Musthofa
Jawa Barat

Jawaban:
Halo mas Musthofa, salam detikOto

Jika lampu indikator temperatur mesin menyala artinya mesin dalam kondisi overheating hal ini bisa terjadi karena proses pendinginan dari radiator ke mesin tidak berjalan dengan baik.



Biasanya ini terjadi karena sirkulasi air di dalam radiator tidak berjalan dengan lancar sehingga air selalu dalam kondisi panas di sisi blok silinder.

Untuk menganalisis masalah ini Anda harus membongkar bagian radiator dan mengecek komponen-komponen di dalamnya, biasanya yang paling vital ada pada bagian water pump.


Sirkulasi air di dalam sisten radiator digerakkan oleh seperangkat komponen yang disebut water pump tersebut, jadi jika ada kerusakan di komponen ini, maka kinerja radiator tidak berjalan normal.

Sedangkan kerusakan yang terjadi pada water pump biasanya karena gasket/ oil seal rusak atau sprocket gear ada yang aus, solusinya tentu harus mengganti part yang sudah tidak layak tadi dengan yang baru.

Untuk analisis masalah ini sebaiknya datang ke ahlinya saja mas bro J biar tidak terjadi kesalahan dalam proses pembongkaran dan pemasangannya.

Demikian jawaban saya, semoga bermanfaat.
Salam
Andriyanto - BintangMotor

(ddn/ddn)
Baca Juga

Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com