detikOto


Tips Hemat BBM (5)

Begini Cara Menyetir Kendaraan di Perkotaan Agar Hemat BBM

Syubhan Akib - detikOto
Selasa, 11/12/2012 17:27 WIB
Halaman 1 dari 3

Denpasar -Bagi masyarakat perkotaan, jalanan padat sudah menjadi makanan sehari-hari. Tapi, tahukah Anda kalau dengan memanfaatkan gaya inersia (kelembaman), konsumsi bahan bakar dapat dihemat.

"Sebagaimana Anda ketahui, di dalam kota trafficnya padat, ada banyak lampu lalu lintas, macet sana sini, banyak sekali faktor-faktor yang memungkinkan terjadinya pemborosan bahan bakar," kata pereli legendaris asal Jepang, Hiroshi Masuoka.

"Di perkotaan, jalannya mobil harus disesuaikan dengan mobil-mobil lain di sekelilingnya, mempercepat, memperlambat, mengerem, berhenti, sehingga membuat pemakaian bahan bakar tidak bisa lagi dihemat," ujar Masuoka di Denpasar, Bali.

Lebih lanjut Masuoka memaparkan kalau di dalam kota, ada pola berkendara yang dia jabarkan sebagai berikut: Mulai berjalan, akselerasi, meluncur, gaya inersia (pedal gas OFF), pengereman, dan berhenti.

Kadang-kadang mobil-mobil ber-cc besar, ada juga yang memanfaatkan akselerasi cepat namun untuk mobil bermesin kecil, lebih baik anda menurut Masuoka melakukan akselerasi santai apalagi kalau di depan ada antrean mobil atau lampu merah berikutnya yang jaraknya dekat, lebih baik anda melakukan akselerasi santai saja.

Cara meluncur dengan kecepatan tetap setelah anda mulai jalan dan akselerasi, tentu meluncur dengan kecepatan normal, point yang harus diperhatikan saat meluncur dengan kecepatan normal adalah, sebisa mungkin pakai gigi tinggi dan penginjakan pedal gas sesedikit mungkin.

Kondisi yang bisa dianjurkan untuk menghemat bahan bakar adalah berjalan dengan kecepatan 50-70 km/jam.Next

Halaman 1 2 3
(syu/ddn)
Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!

Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com