detikOto

Harley Mau Bikin Motor Kecil

Syubhan Akib - detikOto
Jumat, 30/11/2012 07:32 WIB

dok detikFoto
New Delhi -Pabrikan motor Harley-Davidson selama sebagai produsen motor besar yang menggendong mesin berkapasitas besar pula. Tapi nampaknya, kini Harley-Davidson tertarik untuk membuat motor bermesin yang lebih kecil.

Rumor mengejutkan itu datang dari India di mana pabrikan motor ikonik asal Amerika ini dikabarkan tengah mempersiapkan perluasan sebuah pabrik perakitan mereka di India.

Dilansir Zig Wheels, Jumat (30/11/2012) Harley dikabarkan telah memiliki rencana khusus untuk India. Pertama adalah memperluas pabrik perakitan motor Harley di India.

Ini adalah pabrik perakitan motor Harley kedua di luar Amerika Serikat setelah sebelumnya Harley sudah membangun pabrik sejenis di Brasil.

Pabrik yang akan dibangun Harley-Davidson ini adalah pabrik yang akan merakit motor Harley-Davidson secara CKD penuh. Dengan begitu, Harley-Davidson berharap dapat mencapai harga yang kompetitif di India dimana harga memang sangat sensitif.

Kabar yang berhembus mengatakan kalau perwakilan Harley-Davidson juga sudah mengunjungi vendor komponen di India untuk membantu mereka menjalankan pabrik ini untuk memproduksi 'motor kecil' mereka.

Namun jangan anggap motor kecil Harley-Davidson yang kabarnya tengah dipersiapkan itu adalah motor-motor bermesin 100-200 cc. Sebab motor yang kabarnya tengah disiapkan Harley-Davidson adalah motor bermesin yang tidak terlalu besar seperti mesin 400-500 cc sangat mungkin akan mendongkrak penjualan merek ini di India. Namun konfigurasi V-Twin tetap akan dipertahankan.

Hal itu dianggap sangat pentig karena motor itu akan memiliki harga kompetitif untuk pasar negara berkembang seperti India.

Nantinya, line-up motor hasil rakitan lokal India akan dipamerkan di New Delhi Auto Expo pada tahun 2014 mendatang.

(syu/ddn)

Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        




Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com