detikOto

Konsultasi Mesin Motor Bersama
Andriyanto
Bintang Motor

PT. Bintang Niaga Jaya
Jl. Mayor Oking No.102 Ciriung, Cibinong, Bogor
Telp. 021-8765447
Fax. 021-8765446


Lampu AHO di Honda BeAT Bisa Dimatikan?

Andriyanto - detikOto
Selasa, 20/11/2012 13:38 WIB

Lampu AHO di Honda BeAT Bisa Dimatikan? Lampu AHO, otomatis menyala terus
Jakarta -Hai detikOto saya baru kemarin membeli motor Honda BeAT FI. Awalnya saya tidak tahu spesifikasi lengkap BeAT jadi saya tidak berpikir panjang untuk membelinya.

Tetapi waktu saya hidupin kok lampunya terus menyala, dan saya cek tidak ada saklarnya. Setelah ditelusuri itu ternyata fitur lampu AHO.

Pertanyaanya, bisakah fitur AHO dimatikan, terus pasang saklar manual?Terima kasih atas jawabannya.

Jasmika
Bali

Jawaban:

Salam detikOto, Pak Jasmika.

Untuk sistem lampu sepeda motor yang menggunakan teknologi AHO (Automatic Headlamp On) ini sebenarnya diterapkan pabrikan untuk mendukung program pemerintah, yaitu kendaraan bermotor wajib menyalakan lampu di siang hari untuk alasan safety.

Namun bila bapak merasa tidak nyaman dan ingin menonaktifkan fitur AHO tersebut bisa saja dilakukan.

Kadang pengendara juga dilema, kalau sering lewat jalanan komplek atau di dalam gang dan lampu utama menyala, terasa tidak nyaman buat orang lain karena membuat mereka silau.

Hal ini juga menjadikan alasan untuk menonaktifkan fitur AHO, cara yang bisa dilakukan adalah memberi saklar tambahan.

Dengan memutus kabel warna kuning dari kiprok yang menuju saklar dimmer, posisinya ada di cover lampu depan/di bawah panel speedometer, lalu kabel kuning yang telah diputus tadi disambung ke saklar on/off.

Jadi kalau kita menyalakan sepeda motor lampu depan tidak langsung menyala selama saklar on/off tidak kita fungsikan. Pemasangan saklar tambahan ini bisa bapak pasang sendiri, tapi kalau bapak merasa kesulitan bisa datang ke Bengkel Honda terdekat.

Namun, dengan pemasangan saklar tambahan ini tentunya bisa membuat garansi kelistrikan di motor bapak jadi tidak berlaku.

Kalau saran saya sebaiknya tetap menggunakan lampu dengan system AHO ini karena toh kedepannya semua motor bakal dibuat seperti ini, atas dasar demi keamanan bagi pengendara sepeda motor di Indonesia.

Jadi jika pemerintah sudah memberlakukan secara nasional dan semua lampu motor wajib On tidak perlu repot-repot lagi merubahnya.

Demikian jawaban dari saya semoga bermanfaat terimakasih.

Salam
Andriyanto-Bintang Motor

(ddn/ddn)

Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Must Read close