detikOto


Vespa 946, Motor Baru Vespa Bertampang Jadul

Syubhan Akib - detikOto
Senin, 12/11/2012 21:33 WIB

Jakarta -Setelah tahun lalu mengguncang dunia dengan memerlihatkan motor konsep bertampang jadul bernama Vespa Quarantasei, produsen motor ikonik asal Italia itu kini bersiap memperlihatkan motor masa depan mereka, Vespa 946.

Sebenarnya, Vespa 946 dilihat dari desainnya seperti masih mengambil inspirasi dari Vespa Quarantasei. Jadi bila Vespa Quarantasei adalah sebuah motor konsep, Vespa 946 adalah versi produksi dari Vespa Quarantasei itu.

Menurut rencana, Vespa 946 ini akan segera diperlihatkan Vespa di pameran motor EICMA yang akan digelar di Milan, Italia pada pertengahan bulan ini.

Meski berstatus sebagai motor baru, aura retro amat kental pada motor ini. Bukan apa-apa, sebab dari namanya saja, 946, motor ini memang ditenggarai mengambil inspirasi dari desain tahun 1946 dimana tahun itu Vespa mulai melakukan produksi skuter.

Motor ini di desain di Vespa Pontedera Style Center. Garis desainnya tetap mengikuti bahasa desain yang selama ini selalu dipertahankan Vespa.

Inspirasi motor ini, kemungkinan besar sama dengan Quarantasei yang mengambil inspirasi dari motor prototype MP6 buatan tahun 1945 dengan garis desain yang terus melengkung dan membulat layaknya motor Vespa pada umumnya.

Lekukan khas Vespa tersebut dapat dilihat mulai dari bagian depan sayap, samping hingga ke belakang.

Tapi, bahan yang digunakan kini adalah aluminium, bukan besi. Ini dimaksud untuk menjaga bobot kendaraan agar tetap ringan yang pada akhirnya akan berpengaruh pada tingkat efisiensi kendaraan.

Jantung motor ini akan diisi oleh mesin Piaggio dengan three-valve air-cooled berkapasitas 125 cc.

Piaggio mengklaim kalau mesin ini sanggup menyemburkan tenaga sampai 11,7 hp di kitiran mesin 8.250 rpm dan torsi 7,6 lb-ft di 7.000 rpm.
(syu/ddn)
Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!

Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com