Suzuki: Aturan Mobil Murah Rumit Sekali

Muhammad Ikhsan - detikOto
Selasa, 09/10/2012 15:57 WIB

Suzuki G-Concept (Konsep mobil murah Suzuki)
Jakarta -Kebijakan mobil murah ramah lingkungan alias Low Cost Green Car (LCGC) sampai sekarang belum jelas. Suzuki pun mengakui kalau kebijakan ini sangat rumit. Banyak hal yang harus diperhitungkan agar ke depannya mobil ini sukses di pasaran.

"Aturan main LCGC itu rumit sekali. Banyak hal. Program ini sudah dibicarakan dengan pemerintah," ujar 4W Marketing & Dealer Network Development Director PT Suzuki Indonmobil Sales Endro Nugroho di Jakarta.

Karena pemerintah belum juga merilis kebijakan mobil murah, maka Suzuki belum berani mengeluarkan mobil murah, tidak seperti pabrikan lain seperti Toyota dan Daihatsu yang sudah memberanikan diri mengeluarkan LCGC Agya dan Ayla.

"Kita belum umumkan kalau pemerintah belum umumkan," ujarnya.

Menurut Endro, Suzuki tidak ingin menampilkan mobil murah sekarang, jika aturan tidak jelas. Hal yang paling ditakuti adalah adanya perubahan spesifikasi.

"Dari kita prinsipnya kayak apa aturan mainnya. Mohon maaf kalau ada perubahan malu kita," tegasnya.

Suzuki sendiri seperti yang dijelaskan Endro akan mencoba mentaati pemerintah selaku pemegang aturan mobil murah dan ramah lingkungan. Suzuki sendiri tidak ingin melampaui batas kewenangan pemerintah.

"Kita mencoba jadi warga negara yang baik. Kita sangat menghargai instisusi pemerintah. Dari kita tunggu dulu. Pada saatnya kita nanti akan kita sampaikan," tukas Endro.


(ddn/ddn)
Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!

Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        




Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Must Read close