detikOto
 
 


Mobil Murah Datsun Harganya Mulai Rp 28 Jutaan

Syubhan Akib - detikOto
Rabu, 03/10/2012 15:45 WIB

Desain Datsun terinspirasi dari Lada (Carobka.ru)
New York -Rencana membangkitkan merek legendaris Datsun memang sudah menjadi sebuah kepastian. Bahkan kabar berhembus kalau harga termurah Datsun nanti akan berada di rentang waktu US$ 3.000-5.000 atau sekitar Rp 28,7-48 jutaan.

Dilansir Wall Street Journal, merek Datsun menurut CEO Nissan Carlos Ghosn dan beberapa eksekutif perusahaan menjelaskan kalau Datsun akan segera masuk ke pasar negara-negara berkembang dan Nissan yang memiliki merek ini diharapkan dapat membantu untuk mencapai harga serendah mungkin yakni US$ 3.000-5.000 atau sekitar Rp 28,7-48 jutaan untuk melawan rival-rivalnya.

Namun detail mengenai desain, model dan fitur yang ada di mobil-mobil Datsun masih dirahasiakan. Tapi yang jelas, Ghosn mengatakan kalau mereka berkomitmen untuk membuat 6 model Datsun untuk tahap awal yang akan mereka lahirkan mulai 2014.

Mobil-mobil itu nantinya akan melawan mobil-mobil murah yang menyebar di banyak negara berkembang, terutama India dan China. Sementara di Indonesia, Datsun kemungkinan akan melawan Astra Daihatsu Ayla dan Astra Toyota Agya.

Ghosn menggambarkan kalau peluncuran Datsun selain memiliki tujuan bisnis, tapi juga mempunyai tujuan lain yakni untuk menyediakan kesempatan yang lebih besar pada orang-orang menengah bawah di negara-negara berkembang untuk memiliki mobil.

Datsun sendiri sudah mengumumkan komitmennya untuk segera masuk Indonesia, paling tidak pada 2014 mendatang. Niat Nissan melahirkan Datsun tidak lain adalah untuk ikut serta meramaikan program Low Cost and Green Car yang saat ini sedang digodok pemerintah. Untuk Indonesia setidaknya ada 2 model Datsun yang meluncur di 2014 nanti.

Untuk sedan yang kabarnya memiliki kode nama Codenamed NKD 2196, akan menggunakan platform dari mobil Rusia LADA Granta.

LADA adalah pabrikan Rusia yang dimiliki oleh AvtoVAZ, AvtoVAZ sendiri 25 persen sahamnya dimiliki oleh Renault Nissan, jadi wajar saja kalau mobil murah Nissan bakal menggunakan platform mereka.

Dari sketsa itu terlihat bagian depan yang agresif dari NKD 2196, desain grillenya mirip dengan yang dipamerkan CEO Nissan Carlos Ghosn saat berkunjung ke Indonesia beberapa waktu lalu.

Dilengkapi dengan trademark grille yang heksagonal dengan logo Datsun di tengahnya.



(syu/ddn)
Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!

Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        




Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com