detikOto


Konsultasi Mesin Motor Bersama
Andriyanto
Bintang Motor

PT. Bintang Niaga Jaya
Jl. Mayor Oking No.102 Ciriung, Cibinong, Bogor
Telp. 021-8765447
Fax. 021-8765446


Motor Injeksi Harus Pakai Pertamax?

Andriyanto-Bintangmotor - detikOto
Selasa, 02/10/2012 10:48 WIB

Motor Injeksi Harus Pakai Pertamax? Honda Spacy Injeksi
Jakarta -Hallo detikOto, saya baru saja membeli motor Honda Spacy PGM-F1. Apakah benar untuk motor yang menggunakan sistem injeksi PGM-F1 harus menggunakan bahan bakar Pertamax?

Dan apakah jika menggunakan Premium akan bermasalah? Karena selisih harganya besar sekali bagi saya. Dan apa yang dimaksud dengan PGM-F1?

Terima kasih
Mashuri
DKI Jakarta

Jawaban

Hallo Pak Mashuri, salam kenal.

Pada dasarnya penggunaan Premium di motor injeksi tidak masalah, apalagi motor Spacy masih memiliki perbandingan kompresi 9,2:1 dengan perbandingan kompresi itu masih aman menggunakan Premium.

Kecuali bila compression rationya mencapai 10:1 nah itu harus pakai Pertamax, sebab kalau menggunakan premium Oktannya kurang tinggi sehingga susah hidupnya.

Tentunya pabrikan sudah melakukan uji coba motor injeksi dengan Premium juga, mengingat sebagian besar pengguna motor menggunakan bahan bakar ini.

Bayangkan apabila motor injeksi harus menggunakan Pertamax, bagaimana nasib teman-teman kita di daerah-daerah yang punya motor injeksi sedangkan tidak ada bahan bakar Pertamax di sana.

Jadi kesimpulannya penggunaan premium untuk motor injeksi dengan compression ratio hingga 9,5:1 masih fine-fine aja menurut saya mas.

Oh ya, PGM-FI memiliki kepanjangan Programmable Fuel Injection maksudnya bahwa motor tersebut menggunakan sistem injeksi bahan bakar yang terprogram.

Terimakasih atas pertanyaan yang diajukan semoga terjawab.
Salam
Andriyanto - Bintang Motor

(ddn/ddn)

Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Must Read close