detikOto

Laporan dari IIMS 2012

Daihatsu UFC, Mobil Kreasi Anak Bangsa yang Enak Dilihat

Muhammad Ikhsan - detikOto
Selasa, 25/09/2012 18:12 WIB

Jakarta -Siapa sangka, di balik bentuk unik mobil Daihatsu Ultra Functional Compact (UFC) ternyata merupakan hasil kreasi anak bangsa.

Ini berarti semakin menunjukkan kalau kreativitas orang Indonesia dalam medesain kendaraan semakin berkembang.

"Desainnya part of the team, tim kita (Indonesia) dan tim Jepang. Secara tim kita ada 2 dari sini (Indonesia) dan 2 dari Jepang dan semua ini dilakukan di Jepang. Soalnya di Indonesia fasilitas belum established," kata Research and Development Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Isa Nova dalam sesi bedah desain Daihatsu UFC di booth Daihatsu di JI Expo Kemayoran, Jakarta Utara, Selasa (25/9/2012).

Menurut Isa asal muasal UFC datang dari Astra Daihatsu Motor (ADM) yang khusus untuk pasar MPV Indonesia. Sementara pihak prinsipal yang menyetujui.

ADM mengajak pihak prinsipal untuk memproduksi MPV sesuai kebutuhan masyarakat Indonesia.

"Ini proyeknya ADM. Dan DMC (Daihatsu Motor Co) mengetahui. Ide awalnya dari ADM. Prosesnya persetujuan dari ADM, yuk kita bareng buat seperti ini," ungkapnya.

Isa menambahkan rencananya platform UFC didasarkan dari Astra Daihatsu Ayla. Pilihan itu karena platform Ayla sesuai untuk dikembangkan menjadi kendaraan 6 penumpang. Sayang Isa belum berani mengungkapkan fitur apa saja yang bakal terbenam di mobil satu itu.

"Platformnya adalah Ayla. Ini basenya adalah Ayla," bebernya.

"Pilarnya? Poinnya ini keren. Ini hanya sebatas keren apa enggak. Ini concept car, meski mengusung ultra fungsional tampilan nomor satu. Pertama asyik dulu dilihat mata, baru fitur-fitur lain mengikuti," ujarnya.



Daihatsu UFC
(ikh/ddn)
Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!

Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        




Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Must Read close