detikOto

Laporan dari IIMS 2012

Mobil Sporty Bunglon, Bisa Bongkar Bodi dan Ganti Warna

Muhammad Ikhsan - detikOto
Senin, 24/09/2012 15:38 WIB

Daihatsu (Hasan-detikFoto)
Jakarta -PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menampilkan mobil konsep Daihatsu D-X dan D-R di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012. Kedua mobil ini unik karena bodinya bisa ditukar dan ganti warna.

Daihatsu D-X dan D-R yang hanya bisa dimuati 2 penumpang itu bagai pinang dibelah dua. Daihatsu D-X lebih bergaya crossover sedangkan D-R lebih ke arah sport car. Atapnya bisa buka-tutup seperti roadster pada umumnya.

Dari segi mesin, D-X dan D-R mengusung mesin 660 cc DOHC Direct Injection Water Cooled 2 silinder bertenaga 64 Ps pada 6.000 RPM dan torsi 110 Nm pada 2.000 RPM. Sementara mesinnya disematkan transmisi CVT.

Menariknya, kedua mobil itu bisa 'saling pinjam' panel bodi yang terbuat dari bahan baku plastik. Daihatsu menilai konsep tersebut tergolong baru dalam industri otomotif global.

"Bodi terbuat dari plastik, yang memungkinkan bisa ditukar baik itu warna. Jadi kita bisa tukar sendiri, antara panel bodi D-X dan D-R sesuai kemauan kita. Jangan khawatir tidak kuat, soalnya alurnya sudah disesuaikan jadi tinggal tukar saja di rumah dan tidak perlu ke bengkel," kata Research and Development Division PT ADM, Satriyo Budiutomo dalam sesi 'bedah' Daihatsu D-X dan D-R di booth Daihatsu JI Expo Kemayoran, Jakarta Utara, Senin (24/9/2012).

Menurut Satriyo, proses pergantian hanya memakan waktu 30 menit. Dan indikator inilah yang membuat mobil D-X dan D-R sebagai crossover dan sport masa depan Daihatsu. "Keduanya masih fresh. Latar belakang kita membuat D-X dan D-R adalah konsep alam," ucapnya.

Daihatsu D-X dan D-R memiliki dimensi PxLxT (3.395 mm x 1.476 mm x 1.275 mm). Mobil tersebut diperkuat dengan pelek ring 17 ban 165/50. Secara keseluruhan Daihatsu D-X dan D-R hanya memiliki bobot 800-an kg.

Selain itu, kendaraan yang didesain dengan model trendy, dinamis, dan modern itu memiliki sistem keamanan lumayan canggih.

"Meski kecil, tapi rangka sangat tebakl, dan side impact beam ada 2. Kalau terguling, head rest akan naik sendiri (jika soft top terbuka)," ucap Satriyo yang menerangkan konsumsi BBM-nya sampai 30:1 liter.


(ddn/ddn)
Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!

Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        




Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Must Read close