detikOto

'Karimun Kotak' Ganti Model di Jepang

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Jumat, 07/09/2012 18:04 WIB

Tokyo -Kalau Jerman punya Volkswagen Golf sebagai mobil ikon, maka di Jepang ada Suzuki Wagon R alias Karimun kotak yang melegenda di sana.

Suzuki merilis wajah terbaru Wagon R dan Wagon R Stingray khusus untuk pasar Jepang. Mobil ini menurut Suzuki adalah mobil penting tahun ini.

Di Jepang, Wagon R kadang memimpin angka penjualan mobil, seperti dilansir Inside Line, jadi begitu ada model baru selalu menjadi berita besar di sana. Apalagi ini untuk pertama kalinya dalam 4 tahun Wagon R mengalami perubahan. Wagon R terbaru ini merupakan generasi kelima sejak mulai dijual di 1993 lalu.

Secara keseluruhan, Karimun Kotak tetap sama, tetap kecil, boxy dengan mesin kecil 660 cc namun bertenaga, Suzuki menuturkan Wagon R kini lebih ringan 70 kg dibanding yang lama dengan konsumsi BBM yang lebih irit. Wagon R bisa melaju sejauh 28,8 kilometer dengan 1 liter BBMnya.

Wagon R memiliki baterai ion lithium yang mengambil energi kinetik dari proses pengereman mobil. Tenaga yang disimpan di baterai ini akan digunakan untuk menyalakan komponen listrik seperti AC.



Suzuki Wagon R Stingray
(ddn/ddn)

Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        




Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Must Read close