detikOto

Sah Jadi Mobnas, 2 Komponen Mobil Listrik Diproduksi di RI

Feby Dwi Sutianto - detikOto
Rabu, 08/08/2012 11:41 WIB

Jakarta -Dua komponen penting yang menjadi jantung kendaraan listrik yakni motor listrik dan baterai akan diproduksi di Indonesia. Dengan demikian kendaraan tersebut bisa sah jadi mobil nasional.

"Kita pengen mobil listrik jadi mobnas yang dibuat dalam negeri, sekarang sampai minggu lalu ada dua komponen besar, aki sama motor. Dua-dua ini kita carikan jalan keluar. Akinya diproduksi dalam negeri April tahun depan. Tidak sulit karena pabrik aki terbesar, produksi aki lithium tidak sulit lah," ujar Menteri BUMN Dahlan Iskan di Kantor Pertamina, Jakarta, Rabu (8/8/2012).

Motor listrik yang dimaksud adalah permanent magnet motor. Motor listrik ini akan dibuat oleh PT Pindad.

"Karena kita merancang mobil listrik komponen utama, saya tunjuk Pindad buat permanent magnet motor, sudah berfungsi baik. Nanti akan diproduksi masal, bukan hanya mobil. Listrik tapi industri juga," ujarnya.

Selama ini mobil listrik yang sudah dipamerkan Dahlan seperti Ahmadi masih menggunakan baterai dan motor listrik yang diimpor dari Amerika.

(ddn/ddn)
Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!

Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        




Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Must Read close