detikOto

Desainer Motor Jupiter Z1 dan MotoGP Orang yang Sama!

Syubhan Akib - detikOto
Rabu, 11/07/2012 09:37 WIB

Jakarta -Motor bebek anyar Yamaha, Jupiter Z1 ternyata terinspirasi dari motor balap Yamaha di MotoGP, YMZ-M1. Bahkan orang yang mendesain M1, Jupiter Z1 dan bahkan motor sport R1 ternyata sama!

Orang yang mendesain kedua motor sport terkenal Yamaha serta Jupiter Z1 ternyata adalah orang yang sama. Dia adalah Yuichi Takeda dari Yamaha Motor Corp (YMC).

"Saya mendesain Jupiter Z1 ini juga mengambil inspirasi dari M1 dan R1," ujar Project Leader Jupiter Z1 tersebut di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat, Selasa (10/7/2012).

Di tangan Takeda, desain Jupiter dibuat sedemikian rupa untuk mendesain motor bebek ini agar jadi sporty.

"Desainnya dibuat sedemikian rupa agar bisa mengalir dengan angin. Lekukan tubuhnya membuat motor ini tidak terlalu banyak terhalau angin," lugasnya.

Desain motor yang dijual dengan banderol antara Rp 14-15 juta itu kemudian makin mantap berkat aplikasi mesin anyar 4 langkah, 2 valve SOHC dengan pendingin udara berkapasitas 113,7 cc,

Jupiter kini diklaim makin irit berkat asupan bahan bakar dari sistem injeksi. Yamaha mengatakan versi injeksi dari Jupiter ini mampu menunjukkan penghematan hingga 20 persen dari versi karburatornya.

Selain itu, teknologi YZ Crankshaft Technology, Low Friction Technology dan Forged Piston diklaim mampu membuat performa motor jadi meningkat 20 persen.


All New Yamaha Jupiter Z1 (Syubhan)
(syu/ddn)
Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!
Foto Video Terkait

Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        




Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com