detikOto

Konsultasi Mesin Motor Bersama
Andriyanto
Bintang Motor

PT. Bintang Niaga Jaya
Jl. Mayor Oking No.102 Ciriung, Cibinong, Bogor
Telp. 021-8765447
Fax. 021-8765446


Penyebab Motor Jadi Brebet

Andriyanto - detikOto
Jumat, 06/07/2012 09:17 WIB

Penyebab Motor Jadi Brebet Honda Blade
Jakarta -Hallo detikOto, saya memiliki motor New Honda Blade 2011. Mengapa motor saya jika dibawa jalan pada putaran atas suka brebet dan mengapa pada saat gas putaran atas ketika saya langsung menutup dan membuka gas kembali suka ngempot?

Sudah 3 kali saya bawa ke bengkel resmi tetapi tidak ada perubahan sama sekali, malah komsumsi bahan bakar motor saya boros. Terima kasih.

Citra Rahmawati
Tanjung Pinang, Kepri

Jawaban:

Halo mbak Citra, salam kenal. Menjawab konsultasi Anda tentang problem di karburator yang brebet sebagai berikut. Ada beberapa penyebab diantaranya:

Bahan bakar tidak lancar mengalir ke karburator, yang di sebabkan karena saringan bensin di dalam karburator kotor, sehingga suplai bensin ke ruang bakar terputus-putus.

Bensin bercampur air, kadang kala hal ini terjadi karena bahan bakar yang di pakai kualitasnya kurang baik (biasanya beli bensin eceran) sehingga pembakaran tidak sempurna didalam silinder

Spuyer besar (main jet) tersumbat kotoran, yang mengakibatkan brebet pada putaran atas.

Filter udara kotor/sudah tidak layak pakai (periodik penggantiannya setiap 15.000 kilometer) untuk motor Honda, kalo filter ini belum pernah di ganti, coba diganti dulu mbak, saya rasa mungkin ini penyakitnya.

Busi sudah tidak layak pakai (periodik penggantian busi yang bagus setiap 8.000km) apakah busi juga sudah diganti? Karena busi yang jelek berakibat pada putaran atas brebet.

CDI/pengapian bermasalah, hal ini sangat jarang di jumpai tapi kalo memang analisanya ini penyakitnya bisa diklaim di bengkel resmi AHASS.

Untuk sementara itu yang bisa saya share tentang menganalisa mesin brebet pada putaran atas, semoga bermanfaat

Salam
Andriyanto-Bintang Motor

(ddn/ddn)
Baca Juga

Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Must Read close