detikOto
 
 


Keren, Becak Motor Berbahan Bakar Gas

Angling Adhitya Purbaya - detikOto
Kamis, 05/07/2012 15:50 WIB
Halaman 1 dari 2

Monelis dan Sudita menaiki Becak Spesial
Semarang  -3 Mahasiswa jurusan Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang (UNNES), Monelis Widyatama, Alisadikin, dan Sudita membuat inovasi alat transportasi berupa becak motor berbahan bakar gas. Saat ini proses pengerjaan proyek tersebut sudah mencapai 85 persen.

Ikhsan Hakim, dosen pembina dalam proyek yang diberi nama Becak Spesial tersebut mengatakan dengan bahan bakar gas, nantinya kendaraan Becak Spesial mampu menempuh 75 km per 1 kg gas. Untuk kecepatan mampu menempuh 60 km/jam.

"Kalau gas nanti tenaga turun 10 persen. Tapi becak itu sebenarnya tidak boleh lebih dari 40 km/jam," terang Ikhsan dalam acara Pameran Produk Unggulan UMKM dan Ritek Expo di DP Mall, jalan Pemuda, Semarang, Kamis (5/7/2012).

"Saat ini masih dalam tahap pembuatan konverter kit untuk sistem karburator," imbuhnya.

Sementara itu salah satu mahasiswa pembuat Becak Spesial, Monelis menerangkan, dari segi kerangka bodi mereka membuat sendiri dari pipa besi setebal 2,3 mm.

Awalnya desain dibuat di komputer lalu ditentukan ketebalan pipa yang digunakan untuk kerangka. Pada kerangka Becak Spesial tersebut sengaja tidak ditambahkan penutup dengan tujuan memperlihatkan semua mesin dan sparepart yang digunakan.

"Bodi pembentuknya pipa setebal 2,3 mili dengan model ekspose frame atau sengaja tidak memakai bodi. Jadi semua terekspose," katanya.Next

Halaman 1 2
(alg/ddn)
Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!

Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Must Read close