detikOto


Daihatsu Ceria Jadi Mobil Balap

Syubhan Akib - detikOto
Senin, 02/07/2012 12:00 WIB

Daihatsu Ceria Jadi Mobil Balap
Pekanbaru -Kalau mau jujur, tampang standar Daihatsu Ceria memang kurang enak dipandang. Namun kalau sudah dimodifikasi, hal itu tidak akan terjadi lagi. Apalagi bentuk kotak sabun mobil ini diubah menjadi sebuah mobil balap!

Mobil lansiran 2002 yang sudah berubah kelamin itu adalah milik seorang pemuda asal Bukittinggi bernama Ade yang dikerjakan oleh juragan Creative Auto Works, Harpit.

Hasilnya, predikat King Racing di kontes modifikasi bergengsi Clas Mild Accelera Auto Contest 2012 (CMAAC) di Pekanbaru beberapa waktu lalu mampu mereka rebut.

"Butuh waktu 2 bulan untuk mengerjakannya. Kesulitannya ketika merubah bentuk Ceria yang kayak kotak sabun menjadi seperti mobil touring," aku Harpit.

Karena bentuknya itu pula, Harpit mengaku cukup kesulitan mencari suku cadang mobil lain untuk dikanibal. Sebab terkadang komponen-komponen itu tidak selaras dengan konsep yang ingin mereka dapatkan.

"Komponen kebanyakan dibuat sendiri karena cari part racing Ceria sangat sulit," tambahnya.

Untuk sektor eksterior saja, Harpit sampai rela merancang tubuh baru untuk sang mobil Jepang. Tubuh buatan Harpit yang dilabur warna merah doff itu lalu ditambah sideskirt, lips bumper, diffuser belakang, wing spoiler dan hood dari karbon.

Sementara piranti penerangan seperti head lamp dan stop lamp, Harpit mencomot lampu-lampu milik Lancer Xedia dan All New Jazz.

Selesai urusan body, Harpit lalu menopang hasil kreasinya itu dengan pelek 18 inci SSR Type F yang kemudian dibalut karet bundar dari Accelera. Untuk perangkat penghenti laju, brake kit dari Brembo dengan 4 pot dan 2 pot juga dipasangkan.

Masuk ke kabin, di dashboard yang dibuat custom sudah hadir RPM Auto Meter, Indikator Devi, Engine Cut Off dan Engine Start Pivot.

Terlebih roda kemudi OMP, pedal gas Mugen, shiftknob Momo, quick release Sparco, jok Recaro yang dililit Takata 6 titik juga sudah teraplikasi bersama roll-bar 6 titik. Hal itu tentu membuat aura ala mobil balap tersembur kuat.

Nah, namanya juga Ceria balap, maka Harpit pun merombak dapur pacu cupu milik Daihatsu Ceria. Untuk sektor mesin Harpit membuang mesin standar milik Daihatsu Ceria dan diganti mesin Daihatsu turbo berkapasitas 1.000 cc.

Mesin itu lalu dibumbui dengan Oil catck tank Cusco, Custom strut bar, saringan udara carbon, Intercooler HKS, Blow off HKS, Custom pipeing turbo dan memercikinya dengan api dari busi iridium NGK.

"Modal Rp 150 juta. Saya kerjakan semua. Inspirasi semua dari imajinasi saya saja. Saya dari dulu hobby mobil touring, akhirnya jadilah Ceria touring," cerita Harpit.



Daihatsu Ceria
(syu/ddn)
Baca Juga
Foto Video Terkait

Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Must Read close