Konsultasi Mesin Mobil Bersama
Ajat Sudrajat
Twin Garage

Bengkel spesialis mobil injeksi dengan alat pendukung seperti : Engine Scanner, Injector Tester, dll.
Pusat Onderdil Ruko Taman Raflesia
Jl. Raflesia Raya Bekasi Timur.


Mesin Kijang LX Diesel Selalu Panas

Ajat Sudrajat - detikOto
Kamis, 07/06/2012 14:12 WIB

dok detikForum
Jakarta -Mobil saya Toyota Kijang LX Diesel tahun 2002, masalah yang saya hadapi, waktu macet, panas terik, AC hidup, temperatur mesin langsung naik dan pernah sampai air radiator tinggal sedikit.

Saya sudah berulang kali ke bengkel, servive radiator, ganti packing head, ganti tutup radiator, selang ke penampungan, cek water pump tapi masalahnya tidak teratasi.

Jadi kalau temperatur naik terpaksa AC dimatikan untuk turunkan temperatur. Air di radiator memang berkurang tapi pindah ke penampungan.

Kalau AC tidak dimatikan, penampungannya yang meleduk. Mohon berkenan memberikan masukan kira-kira penyebabnya apa. Terima kasih.

Terima kasih
Miyana

Jawaban:

Kalau memang mesin panas ketika AC dinyalakan, kemungkinan besar penyebabnya ada pada kipas pendingin yang sudah lemah.

Biasanya hal ini terjadi kalau oli visco fan lama enggak diganti. Melakukan pengecekannya gampang kok, ketika mesin mati coba putar kipas pakai tangan kalau kipas terasa ringan diputar berarti visco fan suddah lemah kalau masih berat berarti masih bagus.

Cek juga tutup kondisi tutup radiator, semestinya kalau kondisi mesin panas air dari reservoir akan berkurang bukan bertambah, kalau hal ini yang terjadi kemungkinan tutup radiator sudah rusak.

Demikian semoga membantu
Salam
Ajat Sudrajat (ddn/ddn)
Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!

Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        




Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Must Read close