detikOto
 
 


APPI Pastikan Tak Ada PHK Karyawan Sampai 15 Juni

Muhammad Ikhsan - detikOto
Kamis, 17/05/2012 14:05 WIB

Diler remsi Honda
Jakarta -Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) sejauh ini memastikan jika perusahaan multifinance atau leasing belum melakukan pemutusan hubungan kerja karyawan secara besar-besaran.

Hingga kini, perusahaan multifinance atau leasing masih mempertahankan karyawan setidaknya sampai aturan batas minimal DP berlaku pada 15 Juni mendatang.

"Saya pikir belumlah. Peraturannya kan berlaku 15 Juni. Sejauh ini efek itu belum terlihat. Nah nanti setelah 15 Juni bagaimana dampak aturan ini akan terlihat," kata Ketua Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI), Wiwie Kurnia kepada detikOto, Kamis (17/5/2012).

Menurutnya jika pun ada pengurangan karyawan pasti itu adalah rutinitas perusahaan seperti biasa.

"Mungkin itu sekedar koreksi karyawan, mana yang kualitas atau tidak. Kalau sekarang sudah memberhentikan atau koreksi, saya yakin itu hanya melakukan koreksi biasa dan rutin, dan bukan karena kenaikan DP. Itu normal-normal saja," yakinnya.

Wiwie menambahkan, PHK karyawan bakal terlihat setelah 15 Juni. Ia menjelaskan akan sangat banyak karyawan yang dirumahkan.

"Tapi setelah itu (15 Juni) akan terlihat. Akan sangat banyak koreksi di perusahaan multifinance," pungkasnya.

Sebelumnya ramai pemberitaan jika perusahaan multifinance atau leasing seperti FIF dan Oto Finance sudah mulai memberhentikan para karyawan meski peraturan tersebut belum diberlakukan.

(ikh/ddn)
Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!

Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        




Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com