detikOto

'Ayah' Muscle Car AS, Carrol Shelby Tutup Usia

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Minggu, 13/05/2012 16:19 WIB

Dallas -Dunia otomotif kembali kehilangan satu orang legenda. Setelah kreator Porsche, Ferdinand Alexander Porsche wafat bulan lalu, kini sang legenda mobil berotot Amerika, Carrol Shelby tutup usia pada umur 89 tahun.

Shelby meninggal 10 Mei 2012 kemarin di Rumah Sakit Baylor Dallas, AS. Shelby yang lahir pada 11 Januari 1923 di Texas dianggap sebagai satu sosok orang Amerika sukses pada abad ke-20.

Shelby meninggalkan peternakan ayam untuk kemudian menjadi seorang pembalap handal dan mendominasi balapan. Beberapa trofi yang pernah diraih adalah lomba ketahanan Le Mans dan menciptakan rekor tercepat di padang garam Bonneville.

Penyakit jantung sempat menggerogotinya pada 1960. Namun penyakit itu tidak menghalangi dia untuk memalingkan diri dari memproduksi mobil.

Mobil yang paling terkenal pertama kali adalah Cobra, yang digarap dengan pabrikan mobil AS Ford. Menyusul Shelby CSX2000.

Di 1995, perusahaan miliknya yakni Shelby American, membuka fasilitas Speedway di Las Vegas untuk meneruskan proyek Cobra.

Pada 2005, Shelby kemudian bekerja sama lagi dengan Ford untuk mengembangkan mobil sport AS seperti new Ford GT dan Mustang yang berbasis mobil Shelby, termasuk Shelby GT-H, Shelby GT-500, Shelby GT-500 “Super Snake,” Shelby GT dan Shelby GT500KR.


(ddn/ddn)
Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!

Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        




Twitter Recommendation
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Must Read close