detikOto


Datsun Jadi Merek Mobil Murah Nissan dan Masuk Indonesia

Syubhan Akib - detikOto
Jumat, 02/03/2012 10:54 WIB

Datsun Jadi Merek Mobil Murah Nissan dan Masuk Indonesia
Tokyo -Kabar mengenai kelahiran merek mobil retro, Datsun, berhembus makin kencang. Kabar terbaru mengatakan bahwa Datsun akan segera diluncurkan Nissan untuk pasar negara berkembang dengan harga yang relatif murah yakni sekitar Rp 55 jutaan saja. Mobil ini juga akan masuk Indonesia.

Menurut laporan yang dilansir Nikkei dan dikutip Reuters, Jumat (2/3/2012), Nissan Motor Co saat ini tengah dalam persiapan untuk meluncurkan mobil-mobil murah yang disesuaikan untuk pasar negara berkembang.

Mobil-mobil ini dikatakan akan menggunakan merek Datsun yang terkenal beberapa dekade lalu dan akan resmi diluncurkan di 2014 mendatang.

India akan menjadi sasaran pertama setelahnya Indonesia akan menjadi sasaran Datsun selanjutnya bersama Rusia.

Dengan target-target negara berkembang yang pasar otomotifnya seksi-seksi ini, Datsun diharapkan dapat melepas 300.000 mobil per tahunnya.

Dan Datsun kemungkinan hanya diperuntukan untuk pasar negara berkembang dan akan dibuat lebih spesifik sesuai pasar yang akan dimasukinya.

Nissan juga akan mendorong percepatan masu di pasar-pasar tersebut. Di India, mereka akan menjalin mitra dengan Ashok Leyland Ltd di India dan membuat pabrik baru di Brasil, yang bisa membuat pangsa pasar Nissan yang menjadi induk Datsun naik 3 kali lipat di 2016.

Langkah Nissan untuk melahirkan kembali Datsun ini seolah tengah menjadi tren di kalangan industriawan global setelah sebelumnya Dodge Dart lahir kembali disamping Toyota 86.

Sementara itu, Nissan Motor Indonesia ketika kabar mengenai kelahiran kembali Datsun beberapa bulan lalu sudah mengatakan kalau kabar itu hanyalah gosip semata.

"Kayaknya itu gosip yah," kata Vice President Director Sales and Marketing PT Nissan Motor Indonesia (NMI) Teddy Irawan kepada detikOto ketika itu, (7/7/2011).


(syu/ddn)
Baca Juga
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Must Read close