detikOto

Esemka Rajawali Sudah Pakai Penghemat BBM dari Air

Muhammad Ikhsan - detikOto
Rabu, 15/02/2012 10:21 WIB
Halaman 1 dari 2

Jakarta -Ini jadinya jika dua SMK berkolaborasi. Mobil Esemka milik SMK di Solo diam-diam sudah menggunakan generator gas hidrogen WaVe++SMK atau penghemat BBM dari air yang dikembangkan di SMKN 2 Langsa Aceh.

Bila sebelumnya mobil anak bangsa ini hanya mengandalkan bahan bakar minyak (BBM), kini mobil tersebut juga sudah memanfaatkan air sebagai penghemat bahan bakarnya dengan memasangkan generator hidrogen.

Dengan penambahan alat generator hidrogen tersebut, konsumsi BBM SUV Esemka lebih efisien.

Hal itu diungkapkan oleh Kordinator Pembelajaran Industri Kreatif di SMKN 2 Surakarta, Dwi Budhi Martono kepada detikOto.

"Esemka SMKN 5 Solo sudah pakai hidrogen. Menurut pengembang, katanya konsumsi BBM mobilnya bisa 1:20 km, tapi saya belum buktikan itu. Lain waktu kalau ada kesempatan saya mau test," kata Toto.

Toto menjelaskan alat generator hidrogen pada Esemka 5 Solo sangat cocok untuk mesin Esemka. Mesin Esemka sudah sangat cocok untuk disematkan generator gas hidrogen. Bahkan alat tersebut bisa mendongkrak tenaga mesin Esemka. Apalagi dengan kadar oktan yang tinggi.

"Mesin jadi bertenaga. Mesin kita tidak ada masalah. Alat ini malah bisa mendongkrak tenaga dan mengefisiensikan konsumsi bahan bakar Esemka," pungkasnya.Next


Halaman 1 2
(ddn/ddn)

Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        




Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Must Read close