detikOto


Konsultasi Mesin Mobil Bersama
Ajat Sudrajat
Twin Garage

Bengkel spesialis mobil injeksi dengan alat pendukung seperti : Engine Scanner, Injector Tester, dll.
Pusat Onderdil Ruko Taman Raflesia
Jl. Raflesia Raya Bekasi Timur.


Kapur Barus Tingkatkan Performa Mesin?

Ajat Sudrajat - detikOto
Selasa, 07/02/2012 11:29 WIB
Halaman 1 dari 2

Jakarta -Hallo detikOto, mobil saya Daihatsu Xenia Xi tahun 2011, dari beberapa referensi yang saya dapatkan, saya menggunakan kapur barus yang saya tempatkan di saringan udara untuk meningkatkan performa dan membuat ruang bakar bersih. Apakah benar?

Rudy Prasetyo
Jawa Barat

Jawaban:

Hallo mas Rudy, salam kenal, kapur barus mengandung bahan naphtalene sejenis bahan kimia yang bisa menambah oktan. Biasanya kapur barus dicampur dengan bahan bakar beroktan rendah seperti premium.

Memang saya sendiri belum menemukan penelitian ilmiah berapa kenaikan angka oktan dan seberapa besar pengaruhnya terhadap kinerja mesin.

Satu hal yang perlu diketahui kapur barus tidak bisa langsung larut dengan bensin jadi dikhawatirkan banyak sisa kotoran yang terbawa ke sistem pasokan bahan bakar yang akhirnya bisa mampet.

Nah di beberapa komunitas club otomotif, ada para pemakai kendaraan yang menempatkan kapur barus di box filter udara dengan tujuan uap napthalene dari hasil sublimasi kapur barus tersebut terhisap oleh intake yang bisa memberikan manfaat seperti mencampur kapur barus dengan bensin. Next

Halaman 1 2
(ddn/ddn)
Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!

Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Must Read close