detikOto


Melongok Pabrik Mobil Rakyat

M Luthfi Andika - detikOto
Selasa, 24/01/2012 17:26 WIB

Jakarta -Semangat untuk bisa memiliki kendaraan asli buatan Indonesia memang perlu terus dikobarkan. Meski masih memerlukan perbaikan di setiap lini, bermunculannya kendaraan nasional tanpa menonjolkan merek pabrikan negara lain menunjukkan Indonesia juga bisa memiliki kendaraan sendiri.

Untuk memuaskan rasa penasaran dalam pembuatan kendaraan nasional, detikOto berkunjung ke salah satu pabrik mobil nasional di bawah asuhan PT Sarimas Ahmadi Pratama yang berlokasi Kampung Sawah, Cilodong Depok.

"Untuk memiliki mobil nasional itu bukanlah dalam waktu sebentar, itu harus long term. Karena saya seorang pengusaha, saya tidak ingin rugi, oleh sebab itu untuk menciptakan sebuah mobil itu juga harus mengutamakan mutu serta keamanan disaat berkendara," ujar Pemilik PT Sarimas Ahmadi Pratama, Dasep Ahmadi yang membuat Mobira atau Mobil Rakyat.

PT Sarimas Ahmadi Pratama memiliki 2 pabrik yang berlainan tempat, satu pabrik berada dikampung sawah Jati mulya, Cilodong Depok dan pondok Rajeg, Cibinong.

Saat memasuki pabrik terlihat mesin-mesin CNC(Computerrized Numerical Control) buatan Dasep sendiri, sedang melakukan berproduksi sesuai dengan kegunaan masing-masing. Baik membuat blok mesin, menghaluskan mesin, membuat isi jeroan mesin, dll.

Selanjutnya lelaki yang pernah bekerja di Astra ini, menggunakan kayu untuk bisa membuat mesin mobil rakyat buatan Depok. Meski hasil akhirnya di sekujur 'Mobira' ini terbuat dari alumunium.

"Saya memang sengaja menggunakan kayu untuk bisa menciptakan blok mesin, agar tidak mengalami rugi yang parah bila ada kesalahan penghitungan. Setelah pola sudah terbentuk maka dimasukkan ke alat pengecoran dituangkan material panas(alumunium), baru masuk proses pembentukan blok mesin," ujar salah satu pegawai Dasep sambil berkeliling pabrik.

"Paling murah itu menggunakan kayu dan apabila sudah produksi banyak maka baru menggunakan cetakan alumunium. Namun untuk membuat body kami juga masih bekerja sama dengan karoseri, kami baru ada rencana investasi untuk pembuatan sendiri," tambah pria asli Sukabumi lulusan Teknik Mesin ITB ini.





(ddn/ddn)
Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!

Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Must Read close