detikOto

Yuk, Mengenal Mobil-mobil Esemka

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Rabu, 04/01/2012 11:10 WIB
Halaman 1 dari 4

Jakarta -Mobil nasional buatan siswa SMK yakni Esemka, tidak hanya memiliki 1 model saja seperti yang dipakai Walikota Solo Joko Widodo saat ini. Mobil itu sebenarnya memiliki berbagai model dan tipe.

Model-model berbeda dan namanya pun berbeda-beda. Tergantung sekolah mana yang merakitnya. Salah seorang Kepala Sekolah SMK di Jawa Tengah beberapa waktu lalu kepada detikOto menuturkan jika mobil ini nantinya diproduksi massal, suku cadangnya bisa tersedia di berbagai SMK tersebut.

Jadi istilahnya SMK bisa berubah menjadi seperti diler ataupun tempat pemasaran mobil-mobil itu. Mirip 3S (Sales, Service dan Spare Part)-nya pabrikan lah. Namun sepertinya SMK bakal menggandeng pihak lain untuk menjual mobil-mobil ini kalau nanti diproduksi betulan.

Saat ini PT Autocar Industri Komponen (AIK) dan beberapa perusahaan seperti PT Solo Manufaktur Kreasi membantu SMK mewujudkan mobil Esemka itu.

Mobil itu sekarang belum bisa diproduksi massal karena masih menunggu izin laik jalan dari instansi terkait. Tetapi sebelum diproduksi massal kita lihat dulu model-model Esemka yang sudah dibuat para siswa SMK.

Yang pertama adalah SUV yang juga dikenal dengan Esemka Rajawali. Modelnya kini sudah mengalami perubahan. Saat ini rupanya lebih mirip Honda CR-V dengan bodi belakang Isuzu Panther namun dengan ukuran lebih panjang.

Dengan model barunya itu, SUV Rajawali makin membuat orang kesengsem. Harganya jika dipasarkan massal nanti akan diusahakan tidak melebihi Rp 180 juta.

Sementara model kedua adalah pikap double kabin yang dibuat oleh SMK 1 Singosari Esemka Digdaya yang dinamai Digdaya. Rencananya jika dipasarkan mobil ini akan dibanderol seharga Rp 100 juta. Dengan harga tersebut untuk ukuran pikap double kabin memang menggiurkan. Apalagi ditambah dengan tongkrongan bodi yang kekar.Next


Halaman 1 2 3 4
(ddn/ddn)

Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        




Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Must Read close