detikOto


Konsultasi Mesin Mobil Bersama
Ajat Sudrajat
Twin Garage

Bengkel spesialis mobil injeksi dengan alat pendukung seperti : Engine Scanner, Injector Tester, dll.
Pusat Onderdil Ruko Taman Raflesia
Jl. Raflesia Raya Bekasi Timur.


Mesin Fortuner Diesel Kok Lemot?

Ajat Sudrajat - detikOto
Minggu, 01/01/2012 12:59 WIB

Jakarta -Saya pengguna Toyota Fortuner diesel (MT) 2010, mengapa mesin Fortuner lemot sekali saat diajak berakselerasi, Saya sangat kesusahan ketika ingin menyalip. Pada Kecepatan sedang, mesin Fortuner lemot sekali, bahkan ketika gas dibejek dalam-dalam, mesin tidak responsif sama sekali, yang keluar hanyalah dengungan mesin.

Tetapi pada kecepatan diatas 80km/jam tarikan mesin terasa lebih enteng, Apa penyebab mesin Fortuner lemot pada saat kecepatan rendah, apakah karena penggunaan solar yang kurang baik?

Sebelumnya saya pakai Innova Diesel, tetapi tarikannya tidak seberat Fortuner Diesel, padahal kedua-duanyanya sama-sama memakai mesin yang sama (D4D). Mohon solusinya

Thoriq Amir
thoriqspeed@yahoo.com

Jawaban:

Mesin diesel yang digunakan Toyota Innova dan Fortuner memang sama-sama tipe 2KD-FTV 2.5 Liter D-4D. Mesin ini mempunyai output power 102 dk dan 260 Nm untuk torquenya.

Dengan besaran tenaga hanya 102dk memang cukup berat untuk menggendong body fortuner yang mempunyai bobot 1.800kg (berat kosong), bandingkan dengan Innova yang mempunyai berat kosong 1.665kg.

Selain itu Fortuner menggunakan velg standar ring 17 sementara Innova menggunakan ring 15. Body bongsor, ban dan pelek besar jelas mempengaruhi akselerasi mobil sehingga terasa berat.

Untuk solusi banyak yang memodifikasi mobil ini dengan menambahkan intercooler dan piggy back yang bisa menaikan performa mobil ini sampai 30%.

Semoga membantu.
Ajat Sudrajat. (ddn/ddn)
Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!

Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Must Read close