detikOto
 
 


Wah, Lotus Garap Mobil Murah Rp 80 Juta!

M Luthfi Andika - detikOto
Rabu, 28/12/2011 16:35 WIB

Jakarta -Setelah dibeli Proton, pabrikan mobil sport Lotus mau 'turun gunung' memproduksi mobil-mobil berukuran kecil. Setelah memunculkan Proton Emas, Lotus kini tengah merancang mobil city car terbaru dengan harga murah Rp 80 jutaan yang membidik si mobil murah terjagat Tata Nano.

Lotus seperti dilansir motortrend, tengah menggarap mobil yang pengembangannya didanai oleh International Council on Clean Transportation, California Air Resources Board dan Badan Lingkungan AS serta Badan Keselamatan Jalan Raya AS.

Tujuannya untuk mengembangkan mobil yang memiliki interior seperti Toyota Venza yang ringan dan sangat murah dan bisa disandingkan dengan Tata Nano versi Eropa. Lotus Engineering pun memberikan sketsa-sketsa seperti apa mobil mereka ke depannya.

Mesinnya menggunakan mesin 600 cc berkekuatan 50 hp dengan menggunakan transmisi dari motor. Materialnya diusahakan ringan dengan menggunakan campuran logam seperti magnesium sampai aluminium. Baja boron juga dipakai untuk membuat mobil tahan terhadap kecelakaan.

Performanya? Dengan target harga Rp 80 jutaan mobil Lotus ini bisa melaju dari 0-100 km per jam dalam 8-9 detik dan memiliki kecepatan maksimal 193 km per jam. Hmm cukup dahsyat untuk ukuran city car ya? Apalagi melihat data konsumsi BBM yang diperkirakan mencapai 35 km per liter.

mobil konsep Lotus

Tetapi bukan Lotus namanya kalau tidak menyiapkan versi yang lebih ngebut lagi. Namun harganya justrunya bertambah lagi menjadi Rp 180 jutaan. Versi ngebut ini menggunakan ban 215/70R14 dengan mesin 100 hp, rem yang lebih besar, dan suspensi yang lebih bagus.

Hasil simulasi komputer Lotus menunjukkan mobil ini bisa berlari dari 0-100 km per jam hanya dalam 5,5 detik dengan kecepatan maksimum 241 km per jam namun dengan konsumsi BBM mencapai 27 km per liter.

Semoga konsepnya terwujud ya?


(ddn/ddn)
Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!

Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        




Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com