detikOto

Konsultasi Mesin Mobil Bersama
Ajat Sudrajat
Twin Garage

Bengkel spesialis mobil injeksi dengan alat pendukung seperti : Engine Scanner, Injector Tester, dll.
Pusat Onderdil Ruko Taman Raflesia
Jl. Raflesia Raya Bekasi Timur.


Isuzu Panther Kepanasan

Ajat Sudrajat - detikOto
Rabu, 28/12/2011 10:08 WIB

Isuzu Panther Kepanasan
Jakarta -Mobil saya Isuzu Panther tahun 1998, mobil ini temperaturnya sering panas sampai di atas setengah indikator temperaturnya.

Saya sudah melakukan berbagai upaya untuk mengatasi masalah ini, mulai dari service radiator (sampai bersih sekali, karena saya lihat sendiri), mengisi water coolant, mengganti dudukan fan (bentuknya seperti sarang tawon/lebah), membersihkan water pump, dab mengganti saluran betuk siku (rumah termostat).

Masalah muncul ketika keadaan macet bisa sampai setengah lebih di indikatornya. Kalau kondisi jalan lancar tidak masalah.

Kalau malam atau hujan indikatornya bisa sangat rendah sekali, hampir di garis terendah indikator temperaturnya. Apa yang harus saya lakukan lagi? Karena jika saya bawa ke bengkel resmi hanya templarnya yang dikendorin, supaya kompresinya rendah, mobil tidak bisa lari dan panasnya sama saja.

Terima kasih atas solusinya.

Leon

leonsby@yahoo.com

Jawaban:

Banyak hal yang bisa mengakibatkan temperatur mesin naik. Selain dari sistem pendinginan, radiator, selang-selang radiator, kipas radiator, waterpump dan lain-lain bisa juga dari kondisi mesin.

Dari langkah-langkah perbaikan yang sudah dilakukan, ada beberapa bagian yang mungkin terlewat. Coba periksa kondisi water pump, karena kinerja water pump lemah juga bisa membuat temperatur naik, pastikan juga kondisi kipas berjalan sempurna, cek visco fan nya, karena kalau putaran kipas lemah, pendinginan ngga akan sempurna, langkah terakhir cek kompresi mesin, dikhawatirkan kompresinya sudah bocor.

Kalau temperatur rendah ketika cuaca dingin, jalan di malam hari atau ketika dipake di tol, itu karena pendinginan dibantu oleh kondisi cuaca dingin atau angin ketika mobil dalam kecepatan tinnggi, nah kenapa sampai turun banget? Dipastikan thermostat yang mengatur buka tutup sirkulasi air sudah dibuka.

Demikian semoga membantu
Salam
Ajat Sudrajat

(ddn/ddn)
Baca Juga
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Must Read close