detikOto
 
 


Konsultasi Mesin Mobil Bersama
Ajat Sudrajat
Twin Garage

Bengkel spesialis mobil injeksi dengan alat pendukung seperti : Engine Scanner, Injector Tester, dll.
Pusat Onderdil Ruko Taman Raflesia
Jl. Raflesia Raya Bekasi Timur.


Swift Bunyi Gluduk-gluduk di Roda Depan

Ajat Sudrajat - detikOto
Kamis, 17/11/2011 09:01 WIB

Jakarta -Hallo detikOto, saya memiliki mobil Suzuki Swift keluatan tahun 2008 tipe GL. Ada bunyi gluduk-gluduk di roda depan yang cukup mengganggu. Perkiraan saya tie rod atau rack end, namun bengkel langganan orang tua saya mengatakan shockbreaker saya sudah mati. Tapi kok ketika saya tes ayunan mobil saya masih enak.

Kira-kira apa ya permasalahannya? Mohon bimbingan.

Terima kasih
Wassalam
Satya Wiyudha

Jawaban:

Waalaikum salam. Bunyi gluduk-gluduk biasanya memang keluar dari sektor kaki-kaki. Bisa dari ball joint, link stabil, tie road, rack end dan lain-lain.

Kalau mendeteksi bunyi kaki-kaki dari suara, kerusakan shock bisanya akan menimbulkan bunyi duk duk dengan jeda beberapa saat, kalau bunyi gluduk gluduk apalagi ketika melewati jalan agak keriting, bisanya ball joint, link stabil atau tie road yang kena.

Untuk pengecekan shock bisa juga dilakukan dengan cara melewati gundukan/polisi tidur, apabila mobil mengalami ayunan berlebih berarti kondisi shock sudah lemah sedangkan untuk pengecekan ball joint, tie road dan rack end bisa dengan cara menggoyangkan ban secara vertikal dan horizontal (kondisi mobil didongkrak).

Demikian semoga membantu
Salam
Ajat Sudrajat

(ddn/ddn)
Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!

Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        




Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com