detikOto
 
 


Mobil Tertahan di Bea Cukai, Mahasiswa UGM Batal Lulus

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Rabu, 12/10/2011 14:13 WIB

Yogyakarta -Mobil irit BBM milik mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) yakni Semar yang tertahan di Bea dan Cukai ternyata merupakan bahan skripsi mahasiswa. Akibatnya mahasiswa Jurusan Teknik Mesin dan Industri UGM harus tertunda kelulusannya.

"Ada 4 mahasiswa bimbingan saya yang skripsinya berkaitan dengan mesin mobil SEMAR, sehingga tertunda kelulusannya. Bahkan, 2 dari mahasiswa tersebut sudah diterima kerja di perusahaan," ujar pembimbing tim SEMAR, Dr. Jayan Sentanuhady di situs resmi UGM, Rabu (12/10/2011).

Setelah menyabet the best technical innovation dan juara 3 untuk kelas gasoline di lomba irit Shell Eco-maraton di Kuala Lumpur, Malaysia, hampir 2,5 bulan mobil tersebut tersimpan di gudang Bea dan Cukai.

Mobil SEMAR tersebut sebenarnya sudah di Indonesia akhir Juli 2011, tetapi karena proses di bea cukai lambat, apalagi bertepatan dengan puasa dan lebaran, sehingga dokumen-dokumen tidak diproses.

Jayan meminta Bea dan Cukai tidak menahan mobil SEMAR terlalu lama dan tidak membebankan biaya tinggi yang bukan kesalahan dari mahasiswa. Jayan menjelaskan bahwa kasus ini sebenarnya bukan yang pertama kali, tahun 2010 lalu tim SEMAR harus mengeluarkan uang tambahan sekitar Rp 30 juta untuk mengeluarkan mobil SEMAR dari Bea Cukai.

"Bagaimana negara ini mau maju, bila barang kompetisi mahasiswa ditahan berbulan-bulan," ujarnya gemas.

Sementara itu, Dirjen Bea dan Cukai Agung Kuswandono ketika dikonfirmasi tidak bisa dihubungi karena masih berada di luar negeri. detikOto yang mencoba menghubunginya lewat telepon genggamnya masih belum diangkat.

Saat akan berangkat ke Malaysia pertengahan tahun lalu, mobil-mobil irit BBM mahasiswa ini dilepas oleh Wapres Boediono.


(ddn/ddn)
Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!

Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Must Read close