detikOto
 
 


Ban Serep Dihilangkan dari Mobil

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Senin, 20/06/2011 11:27 WIB
Halaman 1 dari 2

Detroit -Diam-diam produsen mobil menghilangkan salah satu komponen yang cukup penting saat kondisi darurat yakni ban serep.

Langkah ini seperti dilansir AOL Autos, Senin (20/6/2011) dimaksudkan agar mengurangi bobot kendaraan dan meningkatkan efisiensi BBM.

Banyak pengguna mobil yang tidak menyadari kalau tidak ada ban serep di bagasi mobil. Akibatnya mereka terdampar di sisi jalan sambil bertanya-tanya dimanakah ban serep saya?

Akhir-akhir ini, beberapa produsen mobil melenyapkan si bundar dari bagasi. Bahkan beberapa diantaranya membuat ban serep sebagai suku cadang optional.

Alasannya, selain mengurangi bobot dan mengurangi konsumsi bahan bakar, langkah ini juga untuk mengeliminasi bahaya terserempet kendaraan lain seperti truk atau mobil biasa saat mengganti ban di jalan tol yang padat.

"Menghilangkan sesuatu yang penting seperti ban serep bukanlah keputusan yang kami buat dengan gampang," ujar Direktur GM Terry Connolly.

Connoly yang merupakan direktur GM untuk urusan Tire and Wheel System ini menekankan selama ini sudah ada sistem pemantau tekanan ban yang bisa membantu pengendara kapan saat yang tepat untuk mengganti ban sebelum ban pecah di tengah jalan.Next

Halaman 1 2
(ddn/ddn)
Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!

Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Must Read close