detikOto


Ban Serep Dihilangkan dari Mobil

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Senin, 20/06/2011 11:27 WIB

Ban Serep Dihilangkan dari Mobil
Detroit -Diam-diam produsen mobil menghilangkan salah satu komponen yang cukup penting saat kondisi darurat yakni ban serep.

Langkah ini seperti dilansir AOL Autos, Senin (20/6/2011) dimaksudkan agar mengurangi bobot kendaraan dan meningkatkan efisiensi BBM.

Banyak pengguna mobil yang tidak menyadari kalau tidak ada ban serep di bagasi mobil. Akibatnya mereka terdampar di sisi jalan sambil bertanya-tanya dimanakah ban serep saya?

Akhir-akhir ini, beberapa produsen mobil melenyapkan si bundar dari bagasi. Bahkan beberapa diantaranya membuat ban serep sebagai suku cadang optional.

Alasannya, selain mengurangi bobot dan mengurangi konsumsi bahan bakar, langkah ini juga untuk mengeliminasi bahaya terserempet kendaraan lain seperti truk atau mobil biasa saat mengganti ban di jalan tol yang padat.

"Menghilangkan sesuatu yang penting seperti ban serep bukanlah keputusan yang kami buat dengan gampang," ujar Direktur GM Terry Connolly.

Connoly yang merupakan direktur GM untuk urusan Tire and Wheel System ini menekankan selama ini sudah ada sistem pemantau tekanan ban yang bisa membantu pengendara kapan saat yang tepat untuk mengganti ban sebelum ban pecah di tengah jalan.

GM kini tidak menyediakan ban serep untuk mobil Cruze yang beredar di AS sejak akhir tahun lalu. Sebagai gantinya, masyarakat yang ingin mendapatkan ban serep harus membayar US$ 100.

Dan tahun ini sekitar 85 persen pembeli Cruze tetap menginginkan ban serep. Karena itu mereka memutuskan untuk kembali membuat ban serep sebagai perlengkapan standar di semua model Cruze kecuali versi Eco.

"Masyarakat yang membeli Cruze versi Eco mencari efisiensi BBM, dan sebagai usaha kami mengurangi BBM, tidak ada ban serep di mobil Chevy Cruze Eco," ujar Lesley Hettinger, juru bicara GM.

GM menuturkan, menghilangkan ban serep mengurangi bobot kendaraan sampai 26 pounds atau sekitar 12 kg. Memang tidak membuat efisiensi BBM meningkat secara signifikan, namun GM menyiapkan 42 langkah di luar mengurangi ban serep agar konsumsi BBM berkurang 5 persen. Akibatnya Cruze Eco memiliki konsumsi BBM 16,5 km per liter. Lebih bagus dari Cruze standar yang hanya 15 km per liter.

Beberapa model kendaraan lain yang tidak memiliki ban serep adalah Cadillac CTS, Fiat 500, Ford Focus, Honda Fit (di Kanada).

Mobil sport seperti Ford Mustang, Camaro ZL1, dan Audi TT juga tidak memilikinya. Begitu juga MPV besar seperti Toyota Sienna.

Namun rata-rata mobil yang tidak memiliki ban serep biasanya memiliki ban yang lebih canggih di keempat rodanya. Yakni ban tahan bocor alias run-flat tires. Ban bisa melaju meski bocor.


(ddn/ddn)

Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Must Read close