detikOto

Wow! Mobnas Pemadam Kebakaran

Syubhan Akib - detikOto
Kamis, 26/05/2011 13:00 WIB

Jakarta -Produsen mobil nasional kembali membuat gebrakan. Setelah sebelumnya GEA memiliki satu model khusus untuk kepolisian, kini giliran Tawon yang membuat mobil untuk para petugas pemadam kebakaran.

Namun jangan bandingkan dengan mobil pemadam kebakaran pada umumnya, mobnas yang satu ini memang kecil. Pemadam yang satu ini rupanya dikhususkan untuk mengatasi kebakaran di perkampungan kota dengan jalan yang tidak terlalu lebar yang selalu menyulitkan para petugas dan mobil pemadam kebakaran untuk sampai ke lokasi.

Hal ini sepertinya disadari benar oleh para pembuat mobil nasional Tawon. Tawon pun kini memiliki sebuah model armada pemadam kebakaran dalam ukuran yang lebih kecil.

Dengan dimensi hanya 3.100x1.400x1.720 mm dengan radius putar sekitar 3,5 meter, mobil ini tentu akan lebih lincah dibanding mobil-mobil pemadam kebakaran yang ada sekarang. Mobil pun sudah dilengkapi dengan sirine di bagian atasnya.

"Jalan-jalan perkampungan di kota kan kebanyakan tidak begitu lebar, jadi kalau ada kebakaran mobil pemadam yang besar-besar pasti kesulitan, karena itu kita buat mobil pemadam yang kecil, jadi bisa selap-selip di jalan kampung," ungkap Ketua Bidang Marketing/Komunikasi Asosiasi Industri Automotif Nusantara (Asia Nusa) Dewa Yuniardi di Jakarta, Kamis (26/5/2011).

Lebih lanjut Dewa menjelaskan kalau pada dasarnya 'Tawon pemadam kebakaran' ini dibangun dari varsi pikap Tawon Transformer yang disesuaikan untuk menjadi sebuah mobil pemadam kebakaran.

Di bagian belakang mobil terdapat alat penyemprot cairan yang berguna untuk memadamkan api.

"Mobil ini bisa semprot foam, bisa air. Kalau air, mobil ini bisa nampung sampai 200 liter," tandasnya.

Sementara untuk dapur pacu, 'Tawon pemadam kebakaran' ini diisi oleh mesin 2 silinder, 4 langkah berkapasitas 664 cc yang memiliki perbandingan bore-stroke 76 x 71 mm dan rasio kompresi 9:0:1.

Dengan mesin tersebut, Tawon pun mampu melesat hingga kecepatan puncak 90 km perjam dan mampu menyemburkan kekuatan sampai 20,6 kW pada putaran 5.300 rpm. (syu/ddn)
Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!

Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        




Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com