detikOto
 
 


Bikin Lancar Kaca Pintu

SAFT7 - detikOto
Kamis, 26/05/2011 10:51 WIB
Halaman 1 dari 3

Jakarta -Seiring waktu kaca pintu mobil kadang bermasalah, mulai dari muncul bunyi-bunyi berdecit hingga susah atau macet untuk dibuka atau ditutup.
Hal ini sangat terasa mengganggu jika kaca pintu menggunakan sistem Power Window, karena sering terjadi kaca pintu seperti tidak kuat naik hingga menutup rapat.

Banyak pelumas semprot yang bisa kita temukan di toko otomotif atau supermarket. Namun untuk keperluan memperbaiki kaca pintu yang tidak lancar, kita tidak bisa menggunakan sembarang pelumas semprot tersebut.

Yang banyak kita temukan adalah pelumas semprot yang berbasis minyak, bahkan kerosene, yang tidak cocok dengan material yang berbahan dasar karet.
Karet dapat menjadi rusak atau berubah bentuk karena minyak. Walaupun di website produk WD40 menyatakan bahwa produknya tidak mengandung kerosene, tetapi mungkin kandungan minyak lainnya banyak terjadi banyak bermasalah dengan karet atau o-ring, dan sebagainya.
Sehingga secara sederhana bisa disimpulkan bahwa pelumas semprot pada umumnya lebih cocok untuk bahan dasar metal dan plastik tertentu.




PELUMAS SEMPROT YANG AMAN?

Pelumas semprot yang relatif aman untuk segala material adalah yang berbasis silikon.
Bahan dasar silikon ini aman untuk karet, plastik, kaca, metal dan sebagainya, karena tidak berminyak.

Jika menggunakan pelumas semprot berbasis minyak/kerosin, ditakutkan malah dapat membuat karet rel kaca pintu menjadi lebih mengunci (menyempit) pada beberapa hari kemudian setelah penyemprotan dilakukan. (masalah serupa akan kembali terjadi setelah beberapa hari).

Jadi kita bisa memilih pelumas semprot berbasis silikon untuk memperbaiki masalah kaca pintu ini. Sering disebut dengan SILICONE SPRAY.Next

Halaman 1 2 3
(ddn/ddn)
Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!
Baca Juga

Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Must Read close