detikOto

Melatih Remaja Cara Menyetir yang Benar

M Luthfi Andika - detikOto
Jumat, 29/04/2011 14:33 WIB

Melatih Remaja Cara Menyetir yang Benar
Jakarta -Bagi Anda yang memiliki putra dan putri dan sudah cukup umur untuk mengendarai kendaraan sendiri, sebaiknya menyerahkan kepada yang ahli untuk mengajari anak-anak Anda cara menyetir.

Sebuah penelitian di Amerika mengatakan salah satu penyebab kecelakaan yang terjadi di usia dini adalah karena salah orangtua yang tidak menyerahkan dan mempercayakan anaknya untuk dilatih cara menyetir kepada seorang ahli.

Seperti dilansir edmunds, Jumat (28/4/2011) secara umum, lebih mudah dan aman untuk membiarkan seorang pengemudi profesional mengajari anak cara mengemudi, dibandingkan dengan Anda para orangtua.

Karena apabila Anda sendiri sebagai orangtua yang mengajarkan mengemudi, Anda akan mengajarkan dengan cara yang kaku dan kemungkinan akan menyebabkan kecelakaan dan cedera serius, di saat mereka mendapatkan SIM karena mereka telah merasa bebas untuk mengendarai kendaraan sendiri.

Kecelakaan mobil adalah penyebab utama kematian di kalangan remaja yang tinggal di Amerika Serikat dan juga negara-negara maju, di mana remaja umumnya merupakan waktu yang sehat.

Nah untuk lebih menjaga buah hati anda lebih aman dalam berkendara, ada hal-hal yang harus diperhatikan seperti.

1. Jangan biarkan anak remaja Anda untuk mengemudi dengan penumpang remaja lain sampai dia memiliki pengalaman yang banyak. Bahkan Beberapa negara telah menulis ini ke dalam undang-undang mereka untuk para remaja dalam mengemudi.

2. Pastikan anak remaja anda melakukan perjalanan secara bertahap yang diawali dengan mengendarai kendaraan di siang hari terlebih dahulu, setelah mahir di siang hari baru perbolehkan untuk melakukan perjalanan malam hari.

3. Jangan biarkan anak remaja Anda untuk menggunakan ponsel atau perangkat serupa saat mengemudi. Karena multitasking ini sangat berbahaya untuk setiap pengendara.

4. Berikanlah contoh yang baik kepada anak remaja anda dalam berkendara. Karena para remaja Anda selalu mengamati perilaku Anda di saat anda sedang mengemudi. Salah satunya dengan selalu mengenakan seatbelt pada kendaraan anda.

5. Berilah pengertian bahwa mengemudi adalah hak istimewa. Lalu Anda jelaskan dia akan kehilangan hak istimewa ini jika dia tidak mengikuti aturan yang Anda buat.

(ddn/ddn)
Baca Juga

Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Must Read close