detikOto


Konsultasi Modifikasi Motor Bersama
Andri
Chemonk-Modified

Bengkel spesialis modifikasi motor dalam hal pembuatan bodywork baru.
Jl.Ashirot No.2A Sukabumi Selatan, Kebayoran Lama
Hari Buka: Senin - Sabtu, kecuali hari libur.jam 08.00 - 17:00


Pasang Kopling Manual Honda Revo

Topo Goedel Atmodjo - detikOto
Kamis, 14/04/2011 10:17 WIB

Pasang Kopling Manual Honda Revo Honda Revo (dok AHM)
Jakarta -Hallo detikOto, saya penasaran, apakah bisa motor Honda Absolute Revo dimodifikasi memakai kopling manual? Maksudnya memakai kopling tangan seperti motor sport.

Kalau bisa apa saja yang harus diganti? Kira-kira biayanya berapa dan apakah ada risiko dan dampaknya jika kita ubah ke kopling tangan.

Atas jawaban dan masukannya saya ucapkan terima kasih.

Yohanes


Jawaban:

Salam modifikasi, kopling adalah perangkat pembantu pemindah percepatan yang banyak diaplikasi untuk membantu kinerja motor lebih responsif.

Di Honda untuk varian bebek memang belum banyak dari yang diaplikasi, ada tipe tertentu seperti Supra XX dan Supra V yang pernah memakai kopling manual.

Untuk memakai kopling manual pada Honda Absolute Revo, alatnya banyak dijual di pasaran.

Isinya paket kopling manual antara lain bak kanan mesin, stut pendorong, kopling jedek, handelnya. Tinggal pasang saja. Harganya sekitar Rp 450.000.

Keuntungan memakai kopling manual adalah tarikan lebih cepat (responsif) dibanding kopling otomotis atau yang semi manual sekali pun.

Kerugiannya kampas kopling akan lebih cepat habis, dan sedikit repot karena di jalan macet atau lampu merah akan sering menarik handle kopling.

Intinya penggunaan kopling manual yang pada motor bebek menurut saya sama saja pengurangan teknologi, untuk menaikkan performa motor tidak saja mengubah kinerja kopling saja.

Karena dari sisi penggunaan banyak kita dapat dari bawaan pabrikan sendiri perangkat yang jauh lebih bermanfaat dibanding tingkat responsif yang didapat, karena motor memang buat harian bukan buat balap.

Demikian dari saya semoga bisa membantu, terima kasih.


(ddn/ddn)

Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Must Read close